Elektabilitas Prabowo Gibran Unggul dalam Survey ARCI, Kalahkan Ganjar dan Anies!

Elektabilitas Prabowo Gibran Unggul dalam Survey ARCI, Kalahkan Ganjar dan Anies!
Elektabilitas Prabowo Gibran Unggul dalam Survey ARCI, Kalahkan Ganjar dan Anies! (ist/pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Elektabilitas Prabowo Gibran Unggul dalam Survey ARCI, Kalahkan Ganjar dan Anies!

Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) kembali mengumumkan hasil survei terbaru di Jawa Timur tentang kelayakan calon presiden dan wakil presiden yang terdaftar di KPU.

Alhasil, Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden yang paling banyak dipilih masyarakat Jawa Timur.

Baca Juga:Jangan Panik! Ini Dia Cara Menghilangkan Benjolan di Leher dengan Daun SirihBuku Tafsir Mimpi Erek Erek Uang Kertas 3D Bergambar, Akan Memperoleh Kekayaan?

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengumumkan hasil survei terbaru yang dilakukan di Jawa Timur tentang kelayakan calon wakil presiden yang terdaftar di KPU.

Hasilnya, Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka keluar sebagai pemenang.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023.

Survei menggunakan metode multi stage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Berikutnya Ganjar Pranowo-Mahfud Md 35,9%.

Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di angka 22,2%.

Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menduduki peringkat kedua  elektabilitas  wilayah Jawa Timur dengan perolehan 35,9%.

Sementara peluang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) terpilih terpilih sebesar 22,2%.

Baihaki menjelaskan, kuatnya elektabilitas Prabowo-Gibran  dipengaruhi oleh “efek Jokowi”, yakni gelombang suara pendukung Presiden Joko Widodo  di daerah.

Lebih lanjut, kata dia, Jawa Timur menjadi daerah pemenangan Jokowi pada dua kali pencalonannya, yakni pada Pilpres 2014 dan 2019.

Selain faktor limpahan suara Jokowi, elektabilitas pasangan ini juga didongkrak oleh Aliansi Indonesia Maju (KIM) yang  juga dipengaruhi oleh faktor pergerakan support awal.

Baca Juga:Ide Masakan Untuk Keluarga: Resep Sayur Daun Singkong Santan Sederhana Ala RumahanBerikut Penjelasan Lengkap Mengenai Minum Antimo 2 Butir Tidur Berapa Jam?

Ia mendukung Ganjar dan kini bergabung dengan Prabowo, khususnya di wilayah Mataraman.

Gerakan dukungan ini mengandalkan kehadiran Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo.

Ia menyebutkan, 33,7% pemilih PDI Perjuangan memilih Prabowo-Gibran, kemudian 66,3% memilih Ganjar-Mahfud.

Sedangkan pasangan “AMIN” tidak mendapat suara apa pun dari partai berlogo banteng.

Diketahui ARCI melakukan survei kemampuan elektoral tiga pasangan  calon presiden dan  wakil presiden, pada 22-27 Oktober 2023.

Survei tersebut menggunakan metode pengambilan sampel multistage random sample dengan jumlah sampel proporsional dari 1.200 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, dengan margin of error 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

0 Komentar