Mengenali dan Memahami Gangguan Mental pada Anak: Sejak Usia Berapa?

Mengenali dan Memahami Gangguan Mental pada Anak: Sejak Usia Berapa?
Mengenali dan Memahami Gangguan Mental pada Anak: Sejak Usia Berapa? (ist/pin/freepik.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Perubahan emosi atau gangguan mental yang signifikan tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengalaminya. Namun, anak masih belum memahami perasaannya dan tidak memberi tahu orang tuanya bahwa dirinya sedang tidak enak badan. Anak-anak mempunyai tanda-tanda dan perubahan perilaku tertentu yang berlangsung lebih dari beberapa minggu.

Sebenarnya tidak ada batasan usia tertentu kapan anak mulai mengalami gangguan jiwa, namun masalah bisa terjadi pada anak usia 3 hingga 8 tahun. Masalah kesehatan mental anak dapat dideteksi dari tanda-tandanya, antara lain kesedihan atau kecemasan yang terus-menerus, kesulitan tidur atau makan, dan masalah di sekolah.

Menurut Raising Children, jika Anda melihat tanda-tanda apa pun pada anak Anda yang berlangsung lebih dari beberapa minggu, penting untuk berbicara dengan anak Anda dan mendapatkan bantuan profesional.

Baca Juga:Situ Biru Cilembang: Permata Tersembunyi Sumedang yang MenakjubkanManfaat Berkebun Untuk Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Kesehatan mental anak menjadi semakin penting dalam perbincangan sehari-hari karena dampaknya yang signifikan terhadap perkembangan dan kualitas hidup anak. Pertanyaan yang sering diajukan adalah pada usia berapa sebenarnya anak bisa mengalami gangguan jiwa dan bagaimana cara mengenali tanda-tandanya?

Pada artikel ini kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Usia Terkena Gangguan Mental pada Anak

Belum ada jawaban pasti mengenai kapan anak mulai mengalami gangguan jiwa. Namun banyak ahli yang sepakat bahwa masalah kesehatan mental pada anak bisa muncul pada usia yang sangat muda, sekitar usia 3 hingga 8 tahun. Hal ini mungkin disebabkan karena perkembangan kognitif dan emosional anak masih dalam tahap awal.

Perkembangan mental dan emosional anak pada usia ini sangat pesat dan rentan terhadap pengaruh lingkungan dan pengalaman hidupnya. Anak-anak pada usia ini sedang mengembangkan keterampilan sosial, belajar berkomunikasi dan mengelola emosi. Namun kegagalan mereka dalam mengekspresikan emosinya dengan baik dapat menyebabkan stres dan gangguan mental.

Tanda-tanda Gangguan Mental pada Anak

Mengenali tanda-tanda gangguan mental pada anak adalah langkah penting dalam membantu mereka. Beberapa tanda yang perlu diperhatikan meliputi:

1. Kesedihan atau Kekhawatiran yang Berkepanjangan

Jika seorang anak tampak sedih, cemas, atau marah secara terus-menerus selama beberapa minggu, ini bisa menjadi tanda gangguan mental.

0 Komentar