Terima Laporan Dugaan Kecurangan Pilpres 2024, Begini Respons Mahfud MD

Mahfud MD
Mahfud MD/tempo
0 Komentar

sumedangekspres – Terima Laporan Dugaan Kecurangan Pilpres 2024, Begini Respons Mahfud MD

Pemilihan presiden (pilpres) selalu menjadi momen penting bagi sebuah negara, di mana demokrasi diuji dan kepercayaan masyarakat terhadap sistem politiknya diukur.

Namun, tidak jarang proses pilpres diwarnai oleh dugaan kecurangan yang dapat merusak integritas pemilihan.

Di Pilpres 2024, laporan dugaan kecurangan mulai bergulir, menciptakan ketegangan di kalangan elite partai politik dan kandidat yang bertarung.

Baca Juga:Pengamat Politik UI: Kampanye Dini Melanggar Aturan dan Kurang EfektifLee Hyeri dan Ryu Jun Yeol Putus Setelah 7 Tahun Pacaran? Cek Kebenarannya Disini!

Salah satu figur kunci dalam pemerintahan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, memberikan respons terhadap laporan kecurangan tersebut.

Menanggapi berbagai laporan yang telah diterimanya, Mahfud MD mengungkapkan bahwa ia telah menerima informasi mengenai dugaan kecurangan yang terjadi di beberapa daerah.

Sebagai seorang Menko Polhukam yang juga menjadi kandidat calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo, Mahfud MD menjelaskan bahwa lima daerah menjadi fokus utama laporan dugaan kecurangan tersebut.

Daerah-daerah tersebut mencakup Jakarta, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara. Meski laporan baru diterima dari lima daerah, Mahfud MD tidak menutup kemungkinan adanya kecurangan di daerah-daerah lain.

“Sebagai Menko Polhukam, hari-hari ini saya mendapatkan berbagai laporan tentang dugaan kecurangan dalam tahapan pemilu. Bisa jadi, dugaan kecurangan itu benar terjadi. Namun, bisa juga hanya manipulasi informasi,” ungkap Mahfud MD.

Dalam paparannya, Mahfud MD merinci beberapa jenis pelanggaran yang dilaporkan kepadanya.

Salah satu dugaan kecurangan adalah pemasangan baliho partai politik oleh pihak tertentu, sementara di daerah lain terjadi penurunan baliho partai politik yang diduga dilakukan oleh aparat.

Baca Juga:Klarifikasi Polisi: Tidak Ada Bukti Penghilangan yang Dilakukan G-DragonWinter aespa Nyanyikan OST Drakor Castaway Diva, Netizen Heboh!

Selain itu, Mahfud MD juga menyebut adanya laporan terkait tindakan intimidasi, termasuk penurunan alat peraga sosialisasi capres-cawapres oleh oknum Satpol PP dan kunjungan oknum polisi yang diduga sebagai tindakan intimidasi terhadap kantor partai politik tertentu.

“Tidak boleh ada kecurangan. Tidak boleh ada tekanan-tekanan terhadap kelompok tertentu dan pemihakan kepada kelompok tertentu lainnya,” tegas Mahfud MD.

Menyikapi laporan tersebut, Mahfud MD mengajak semua pihak untuk melaksanakan pemilu dengan penuh kejujuran, mengedepankan prinsip demokrasi yang berkeadaban.

0 Komentar