Barang Antik Termahal Di Dunia: Keindahan dan Ketebaran Nilai Sejati

Barang Antik Termahal Di Dunia
Barang Antik Termahal Di Dunia (ist/pinterest)
0 Komentar

sumedangekspresBarang antik bukan hanya artefak sejarah tetapi juga saksi bisu perjalanan waktu dan warisan budaya. Beberapa barang antik bahkan mencapai status sebagai benda termahal di dunia, memikat hati para kolektor dan peminatnya dengan keunikan, keindahan, dan nilai sejarahnya yang tak ternilai harganya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa barang antik termahal di dunia yang menggambarkan kemegahan masa lalu.

1. Ratu Elizabeth II’s Coronation Crown

Mahkota perak yang dipakai Ratu Elizabeth II saat penobatannya pada tahun 1953 adalah salah satu barang antik paling berharga dan bersejarah. Mahkota ini dihiasi dengan berlian, safir, zamrud, dan mutiara yang spektakuler. Keindahannya yang luar biasa dan nilai sejarahnya menjadikan mahkota ini sebagai salah satu mahkota termahal di dunia.

Baca Juga:Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu di Tengah Maraknya KetidaknetralanMitos Seputar Tabrak Kucing dan Kepercayaan yang Tidak Beralasan

Diketahui, mahkota yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth II memiliki detail berlian bernama Kohinoor (Koh-i-noor), salah satu berlian terbesar sekaligus paling kontroversial di dunia. Berlian Kohinoor ditaksir bernilai sekitar 12 miliar dollar AS atau sekitar Rp 179 triliun.

2. Lukisan Salvator Mundi

Lukisan Salvator Mundi, salah satu karya dari seniman legendaris Leonardo da Vinci. Untuk harga lukisan tersebut ditaksir dengan harga yang luar biasa, yakni US$450 juta atau setara Rp6,68 triliun. Karya agung ini menggambarkan Kristus sebagai Juru Selamat Dunia, memiliki sejarah yang penuh dengan perdebatan mengenai keaslian, kepemilikan, dan nilainya. Penjualan karya seni dengan cacat serius yang memecahkan rekor menjadi salah satu alasan mengapa Salvator Mundi disebut sebagai lukisan “paling kontroversial”.

Salvator Mundi diyakini dilukis oleh Leonardo da Vinci sekitar tahun 1500, pada puncak Renaisans Italia. Leonardo da Vinci adalah seorang ahli matematika yang menjadi salah satu seniman terhebat dalam sejarah. Ia menciptakan banyak mahakarya, termasuk Mona Lisa yang terkenal.

Lukisan ini menunjukkan bakatnya yang tak tertandingi dalam menangkap detail rumit dan menyampaikan rasa ketenangan ilahi. Salvator Mundi hilang selama berabad-abad dan muncul kembali pada awal abad ke-20, kemudian secara keliru dikaitkan dengan artis lain dan dijual dengan harga murah.

0 Komentar