Profil lengkap PJ Bupati Sumedang: Jejak karir Herman Suryatman yang menginspirasi!

Profil lengkap PJ Bupati Sumedang
Profil lengkap PJ Bupati Sumedang(menpan.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres– Profil lengkap PJ Bupati Sumedang, saat ini Herman Suryatman akan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, seiring berakhirnya masa kepemimpinan H. Dony Ahmad Munir dan H. Erwan Setiawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumedang (2018-2023) pada 20 September 2023.

Sebelumnya, Herman merupakan satu dari tiga nama yang diusulkan untuk menjadi Pj bupati Sumedang oleh DPRD Sumedang dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Kemendagri.

Herman adalah orang yang lama berkarier di Pemkab Sumedang.

Herman memulai kariernya dengan menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tahun angkatan 1992 atau kini bernama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Baca Juga:RSUD Sumedang tidak menyediakan ruangan khusus kejiwaan akibat gagal nyalegPenggerebekkan oknum guru di Majalengka: Berduaan di rumah kosong?

Kemudian pada 1999, ia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil studi Institut llmu Pemerintahan Politik Pemerintahan 1999.

Sementara untuk jenjang pendidikan pasca sarjananya (S2), ia menempuh di Universitas Padjadjaran dengan mengambil program studi Ilmu Pemerintahan pada 2003.

Sebelum memasuki dunia birokrat pemerintahan, Herman diketahui pernah menjadi seorang tentara dengan menjabat sebagai Perwira Pertama pada Korem 163/Wirasatya, Kodam IX/Udayana, Bali pada 1992. Kemudian berlanjut menjadi Perwira Intelijen Kodim 1619/Tabanan, Kodam IX/Udayana, Bali pada 1993 – 1994.

Karier birokratnya diawali dengan jabatan sebagai Lurah di Kelurahan Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan (1995 -1997).

Dari sana, kemudian ia menjabat sebagai Kepala Sub Seksi Pemerintahan Bappppeda Kabupaten Sumedang (2005-2006).

Berkat kerja kerasnya, Herman kian meroket. Itu ditandai dengan dipercayanya Herman untuk menjabat sebagai Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Bappppeda Kabupaten Sumedang (2OO6 – 2OO7) hingga kemudian diangkat menjadi Sekretaris Bapppeda (2010 – 2017).

Ia pun pernah memegang jabatan sebagai kepala kewilayahan atau Camat di Kecamatan Jatinunggal pada 2007-2009.

Baca Juga:Mengapa suami Dian Sastro tidak mau nonton serial Gadis Kretek: Ini dia alasannya!Selingkuhan Gunawan Dwi Cahyo pamer gaji: Istri Gunawan layangkan gugatan perceraian!

Kemudian ia pun pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik pada Setda Kabupaten Sumedang.

Atas pengalamannya tersebut, ia pun kemudian dipercaya untuk memegang jabatan kepala dinas, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan (2012-2013) dan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Kabupaten Sumedang (2013).

Karier Herman yang kian moncer telah menarik perhatian bagi lembaga kementerian. Hingga pada 2017-2019, Herman pun pada akhirnya dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik pada Kementerian PANRB (2013 – 2017) dan Sekretaris Deputi Bidang SDM Aparatur pada Kementerian PANRB (2017-2019).

0 Komentar