Digitalisasi Pemkab Sumedang Dipuji Oleh Ketua MA Saat Meresmikan Gedung Arsip, Media Center dan PTSP Pengadilan Negeri Sumedang

Digitalisasi Pemkab Sumedang Dipuji Oleh Ketua MA Saat Meresmikan Gedung Arsip, Media Center dan PTSP Pengadilan Negeri Sumedang
Digitalisasi Pemkab Sumedang Dipuji Oleh Ketua MA Saat Meresmikan Gedung Arsip, Media Center dan PTSP Pengadilan Negeri Sumedang (ist/kabsumedang)
0 Komentar

sumedangekspres – Digitalisasi Pemkab Sumedang Dipuji Oleh Ketua MA Saat Meresmikan Gedung Arsip, Media Center dan PTSP Pengadilan Negeri Sumedang

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman menyambut kedatangan khusus Ketua Hakim RI Mohammad Sharifuddin pada Senin (20 November 2023) ke Sumedang.

Orang pertama dari MA berkunjung ke Sumedang untuk meresmikan gedung arsip, media center dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Sumedang.

Baca Juga:Hasil Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023 Lengkap dengan Jadwalnya!Rincian Harga Emas Terbaru per Hari Ini, Naik atau Tetap?

“Hari yang spesial, kehormatan bagi Sumedang kedatangan tamu spesial Yang Mulia Bapak Ketua MA hadir khusus di Sumedang meresmikan gedung Arsip, Media Center dan PTSP Pengadilan Negeri Sumedang,” kata Herman.

Menurutnya, keberhasilan Sumedan dalam transformasi digital disampaikannya dan juga mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan Folkonpimda, termasuk Pengadilan Negeri. “Aplikasi digital seperti Wa Kepo sudah terintegrasi juga dengan pengadilan,” katanya.

Ketua Mahkamah Agung Dr.H. Muhammad Sharifuddin mengapresiasi penerapan digitalisasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Saya belum temukan di Pengadilan Negeri di daerah lain, Sumedang IT-nya lebih bagus dan lebih maju. Salah satunya WA KEPO. Ini sudah ada di Pengadilan Sumedang. Saya apresiasi Pemkab Sumedang yang terus bersinergi untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Tingkatkan terus dipelihara untuk menjadi wilayah bebas dari korupsi (WBK) ditingkatkan menjadi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” kata Ketua MA Syarifudin

Dikatakannya, transformasi digital yang dilakukan Pemkab Sumedang sangat terintegrasi dan sangat mudah, layanan cepat, murah, dan dapat diakses dimana saja.

“Digitalisasi menjadi sebuah keharusan di tengah perubahan era masa kini. Mudah mudahan penerapan digitalisasi bisa dilaksanakan di semua pengadilan negeri di Indonesia,” katanya

Ia mengatakan pemerintah daerah mempunyai tugas untuk terlibat dalam transformasi digital agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di semua sektor jasa.

Baca Juga:Prakiraan Cuaca Di Sumedang Hari Ini, Senin 20 November 2023Begini Komentar Terbaru Presiden Amerika Serikat, Joe Biden Terkait Perang Israel-Hamas

“IT ini keniscayaan, jangan berpikir mundur ke belakang. Pasti tertinggal. Hambatan dan tantangan tentu pasti ada tapi dengan digitalisasi bisa tanpa hadir di tempat, cepat, murah. dan terjangkau. Masalahnya ada di mindset kita,”ujarnya.

Disamping mindset, hal penting lainnya proses digitalisasi telah sedikit banyak merubah proses bisnis yang dilakukan. Proses yang tadinya ditulis manual, sekarang dibaca oleh scanner digital. Tidak hanya diinput ke komputer, tapi juga diinput ke sistem aplikasi yang bisa mengolah data.

0 Komentar