Semangat Pembangunan Melalui Quran

ANTUSIAS: Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke- 48 tingkat Kabupaten Sumedang di lapang pusat pemerintah Sumedang (PPS), kemarin.
ANTUSIAS: Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke- 48 tingkat Kabupaten Sumedang di lapang pusat pemerintah Sumedang (PPS), kemarin.
0 Komentar

sumedangeskpres- Semangat Pembangunan Melalui Quran – Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman membuka Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke- 48 tingkat Kabupaten Sumedang di lapang pusat pemerintah Sumedang (PPS), Rabu (22/11). Kegiatan digelar selama tiga hari, 22-24 November 2023 fan diikuti 542 peserta dari 26 kecamatan,

Pj Bupati Herman berharap, MTQ yang memperlombakan 12 cabang lomba ini bisa meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Agar masyarakat bisa bahagia sejahtera dunia dan akhirat. MTQ bertujuan memelihara, mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al-Quran sebagai spirit pembangunan melalui pendekatan agama,” ujarnya.

Baca Juga:Lagi-Lagi Warga Desak Ganti Rugi TolRatusan Juta Melayang, untuk Makan Pun Bantuan Tetangga

Kemudian, lanjut dia, MTQ bertujuan agar memahami Al-Quran, juga bisa meningkatkan syiar Islam.

“Kami berharap MTQ sekarang bisa melahirkan generasi qurani,” kata Herman.

Menurut Herman, MTQ tingkat Sumedang ini sebagai persiapan dan batu loncatan agar kontingen dari Sumedang unggul pada MTQ tingkat Jawa Barat yang akan digelar tahun 2024.

“Tahun lalu, Sumedang menjadi tuan rumah MTQ tingkat Jabar. Sumedang berada di peringkat keenam dari sebelumnya peringkat ke-18. Tahun 2024 akan digelar MTQ tingkat Jawa Barat dan targetnya Sumedang masuk lima besar,” kata Herman.

Ketua panitia MTQ ke-48 Tingkat Kabupaten Sumedang Asep Uus menyebutkan, MTQ ke-48 ini diikuti peserta sebanyak 542 orang dari 26 kecamatan.

“MTQ ini menjadi ajang seleksi Pemkab Sumedang guna memilih duta-duta Sumedang yang akan tampil dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024,” kata Asep Uus yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, 12 cabang lomba yaitu tilawah dewasa, tilawah remaja, tilawah anak-anak, murotal, MHQ 1 juz dan tilawah, MHQ 5 juz dan tilawah, MHQ 10 juz, MHQ 20 juz, MHQ 30 juz, kaligrafi, fahmil quran dan syahril quran.

Untuk MTQ ini panitia menyiapkan beberapa lokasi tempat perlombaan MTQ. Panggung utama dipusatkan di PPS kemudian Masjid Al-Kamil, aula Kementerian Agama, masjid Pusdai, aula PCNU, aula asrama haji, SMK Pusdai, SMPN 4 Sumedang, Sumedang Creative Center dan MI Assalam.

Baca Juga:Erwan Akui Dapat Perintah dari DPP GolkarBecak Listrik Transportasi Ramah Lingkungan

Bersamaan dengan pembukaan MTQ juga dilakukan pawai taaruf yang dikuti peserta dari 26 Kecamatan, dengan rute dari lapangan Setda menuju panggung kehornatan di lapang PPS. Untuk memeriahkan acara MTQ, digelar bazar kerjasama dengan Diskop UKM PP, yang melibatkan para pelaku usaha dimana kegiatan bazar ini berlangsung hingga acara penutupan MTQ. (rilis)

0 Komentar