Jadwal Turun Hujan di Kabupaten Sumedang November 2023, Prediksi BMKG

Jadwal Turun Hujan di Kabupaten Sumedang
Jadwal Turun Hujan di Kabupaten Sumedang/sumedangkab
0 Komentar

sumedangekspres –  Jadwal Turun Hujan di Kabupaten Sumedang November 2023, Prediksi BMKG.

Pada tanggal 24 November 2023, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi cuaca untuk Kabupaten Sumedang.

Menurut BMKG, cuaca secara umum di Kabupaten Sumedang pada hari tersebut akan dipengaruhi oleh adanya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Prediksi ini berdasarkan pemantauan cuaca dan pola iklim di wilayah tersebut.

Baca Juga:Presiden Jokowi Luncurkan Proyek Industri Pupuk di Papua dengan Investasi Rp30 TriliunViral! Dua Bocah SD Naik Motor dari Madura ke Jakarta, Modal GPS dan Rp100 Ribu

Menurut pernyataan dari BMKG Stasiun Jabar, hujan dengan intensitas ringan mulai turun pada akhir Oktober-November 2023.

Meskipun beberapa daerah masih belum mengalami hujan secara rutin karena dampak dari musim kemarau yang berbeda dengan dua tahun sebelumnya.

Tahun ini, musim kemarau terjadi lebih panjang dan dipengaruhi oleh El Nino pada tingkat sedang, sehingga potensi penurunan curah hujan menjadi tinggi.

BMKG mencatat bahwa suhu udara di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Sumedang, berkisar antara 17 – 37 °C dengan kelembapan udara mencapai 45 – 98 persen.

Angin umumnya bertiup dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan 05 – 50 km/jam.

Jadwal Turun Hujan di Kabupaten Sumedang November 2023

Berikut ini adalah jadwal turun hujan di Kabupaten Sumedang pada bulan November 2023, menurut BMKG:

  1. Pagi hari (07.00 – 13.00 WIB):
    • Cuaca cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang menjelang siang hari di sebagian wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur.
    • Potensi hujan ringan dengan skala lokal di sebagian wilayah Kota Bogor.
  2. Siang dan sore hari (13.00 – 19.00 WIB):
    • Cuaca umumnya berawan dengan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.
    • Potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten serta Kota Tasikmalaya.
  3. Malam hari (19.00 – 01.00 WIB):
    • Potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Purwakarta.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

0 Komentar