Selain Pemandangan yang Indah, Ini Manfaat Besar Bendungan Cipanas

Selain Pemandangan yang Indah, Ini Manfaat Besar Bendungan Cipanas
Selain Pemandangan yang Indah, Ini Manfaat Besar Bendungan Cipanas (ist/pu.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Selain Pemandangan yang Indah, Ini Manfaat Besar Bendungan Cipanas.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumedang, Kemal Idris, menyatakan bahwa Bendungan Cipanas di Ujungjaya direncanakan untuk memenuhi kebutuhan air baku industri di Kabupaten Sumedang sebanyak 650 liter per detik dan juga kebutuhan air minum masyarakat Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu sebesar 200 liter per detik.

Bendungan ini memiliki fungsi ganda, yaitu menyediakan air untuk irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektar, terutama di Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung, dan Cibunut.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dengan memberikan dukungan air irigasi kepada petani yang sebelumnya menggunakan metode tadah hujan dengan hasil panen hanya sekali dalam setahun.

Baca Juga:Nikmati Kopi Dengan Pemandangan Gunung Palasari SumedangBisnis Ubi Cilembu Semakin Menggiurkan, Kirim 30 Ton Tiap Bulan!

Kemal menambahkan bahwa dengan luas waduk yang mencapai 1.315,95 hektare, Bendungan Cipanas juga dapat berfungsi sebagai waduk banjir untuk wilayah Indramayu dan sekitarnya. Selain itu, bendungan ini memiliki potensi untuk pembangkit listrik sebesar 3 MW, yang menjadi daya tarik bagi para investor.

Dalam konteks manfaatnya, Kemal menyebutkan bahwa Bendungan Cipanas memiliki banyak fungsi, antara lain untuk irigasi, air baku, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan potensi pariwisata.

Untuk wilayah Indramayu, terdapat 6.000 hektar lahan irigasi yang sudah ada, dan akan ada tambahan lahan baru sekitar 3.000 hektar di Ujungjaya.

Selain itu, dalam hal PLTA, Bendungan Cipanas diharapkan dapat menghasilkan listrik sekitar 3 megawatt. Potensi Pariwisata Bendungan Cipanas juga dianggap mengingat keindahannya.

Kemal optimis dengan beroperasinya Tol Cisumdawu dan diresmikannya Bendungan Cipanas, wilayah ini akan menarik banyak investor.

Demikian pembahasan mengenai Selain Pemandangan yang Indah, Ini Manfaat Besar Bendungan Cipanas.***

0 Komentar