PLN Selesaikan Pembangunan Transmisi Listrik PLTA Jatigede : Siap Bertransformasi ke Energi Hijau

PLN Selesaikan Pembangunan Transmisi Listrik PLTA Jatigede : Siap Bertransformasi ke Energi Hijau
PLN Selesaikan Pembangunan Transmisi Listrik PLTA Jatigede : Siap Bertransformasi ke Energi Hijau (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – PLN Selesaikan Pembangunan Transmisi Listrik PLTA Jatigede : Siap Bertransformasi ke Energi Hijau.

PT PLN (Persero) terus mencatatkan prestasi dalam membangun infrastruktur kelistrikan yang handal untuk kepuasan pelanggan.

Kali ini, proyek pembangunan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Jatigede Incomer sirkit 1 dan 2 arah Rancaekek, yang dilaksanakan oleh PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT), berhasil diselesaikan dengan sukses.

Baca Juga:Bagaimana Masa Depan Bocah yang Kemaluannya Terpotong saat Sunat Massal di Lahat?Kemaluan Bocah Terpotong di Lahat Apakah Bisa Disambung?

Proyek transmisi ini memiliki tujuan untuk menyuplai daya ke GI150 kV PLTA Jatigede line bay Rancaekek 1 dan 2 serta line bay kopler, yang diharapkan dapat mengevakuasi daya yang dihasilkan oleh PLTA Jatigede untuk masuk ke sistem interkoneksi Jawa Bali.

Djarot Hutabri EBS, General Manager PLN UIP JBT, menyatakan bahwa proyek SUTT 150 kV Jatigede Incomer telah menerima Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) dari PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif) setelah melalui serangkaian pengujian individu dan fungsi peralatan (commissioning) untuk memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan tersebut.

“Penyelesaian ini sejalan dengan pembangunan PLTA Jatigede yang sedikit lagi juga akan rampung. Saat ini, progres pembangunan sudah mencapai 97.90 persen tinggal menyisakan beberapa pekerjaan saja. Jadi, kami ingin memastikan seluruh infrastruktur yang terkait dengan pengoperasian PLTA Jatigede telah siap,” ungkap Djarot.

Pembangunan transmisi listrik senilai lebih dari Rp 144 Miliar ini membentang sepanjang 11,188 kilometer sirkit (kms) dari Desa Kadujaya hingga Desa Darmawangi, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Sebanyak 25 tower, terdiri dari 19 tower SUTT dan 6 tower gantry, membentuk rangkaian transmisi yang akan mendistribusikan daya dari PLTA Jatigede.

PLN juga mencatat prestasi tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 94,98 persen dalam proyek ini.

Djarot menekankan bahwa penyelesaian proyek ini adalah bukti nyata dari komitmen PLN dalam mendukung transisi menuju energi hijau dan Net Zero Emission (NZE).

Baca Juga:Bocah yang Kemaluannya Terpotong saat Sunat Massal di Lahat Apakah Bisa Punya Anak?7 Bahaya Kemaluan Bocah Terpotong saat Sunat Massal di Lahat

PLTA Jatigede diharapkan akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan porsi pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Djarot meyakini bahwa infrastruktur ketenagalistrikan ini merupakan bagian integral dari program ketahanan energi PLN, karena usia PLTA yang relatif lebih panjang dan dampak lingkungan yang lebih ramah.

0 Komentar