Hari Bakti PU, Bey Machmudin : Mengenang Tujuh Pejuang Gugur di Gedung Sate

Hari Bakti PU, Bey Machmudin : Mengenang Tujuh Pejuang Gugur di Gedung Sate
Hari Bakti PU, Bey Machmudin : Mengenang Tujuh Pejuang Gugur di Gedung Sate(radarcirebon.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Hari Bakti PU, Bey Machmudin : Mengenang Tujuh Pejuang Gugur di Gedung Sate

Hari Bakti Pekerjaan Umum (Harbak PU) ke-78 tingkat Jabar di halaman Gedung Sate Bandung, Minggu (3/12/2023). Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menjadi pembina upacara.

Upacara itu diikuti para ASN Pemda Provinsi Jabar dengan mengenakan pakaian adat sunda dan beberapa daerah lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Bey Machmudin membacakan amanat Menteri Pekerjaan Umum RI Basuki Hadimuljono.

Baca Juga:Doni Monardo Jenderal Pahlawan Covid-19 Meninggal DuniaKPU Pangandaran Perketat Seleksi Medis Calon KPPS, Agar Tidak Seperti Pemilu 2019

Dalam amanatnya disampaikan bahwa capaian kinerja Kementerian PUPR sepanjang tahun 2023 antara lain, mendukung penyelenggaraan event-event internasional seperti KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, TMII, FIBA ​​Basket Ball World Cup, Piala Dunia U -17.

Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN, melanjutkan pembangunan proyek strategi nasional dimana 88 PSN telah selesai seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan program satu juta rumah.

Hari bakti PU sendiri diperingati untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departemen Van Verkeer En Waterstaat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Saat itu, tentara sekutu NICA dengan persenjataan lengkap menyerang gedung sate yang dijaga oleh 21 petugas dari Departemen Pekerjaan Umum. Walaupun dengan kekuatan tak seimbang mereka mati-matian mempertahankan Gedung Sate yang ingin dikuasai oleh penjajah.

Dalam pertempuran tersebut 7 pegawai PU gugur dan jenazahnya belum ditemukan sampai sekarang. Ketujuh orang tersebut kemudian dikenal dengan 7 pahlawan Sapta Marga. Mereka adalah Didi Hardianto, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono.

Artikel ini sudah tayang di radarcirebon.com dengan judul Mengenang Tujuh Pejuang Gugur di Gedung Sate, Bey Machmudin Pimpin Upacara Hari Bakti PU

0 Komentar