Bencana Tanah Longsor Lumpuhkan Jalur KA Cirebon-Purwokerto, PT KAI Alihkan Rute Alternatif

Bencana Tanah Longsor Lumpuhkan Jalur KA Cirebon-Purwokerto, PT KAI Alihkan Rute Alternatif
Bencana Tanah Longsor Lumpuhkan Jalur KA Cirebon-Purwokerto, PT KAI Alihkan Rute Alternatif(ist/foto/twt)
0 Komentar

sumedangekspres – Bencana Tanah Longsor Lumpuhkan Jalur KA Cirebon-Purwokerto, PT KAI Alihkan Rute Alternatif

Sebuah musibah menutup akses vital! Jalur rel kereta api yang menghubungkan Cirebon ke Purwokerto serta sebaliknya mengalami lumpuh total.

Dalam keadaan genting ini, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) terpaksa mengalihkan 16 perjalanan kereta api ke jalur alternatif.

Baca Juga:Gubernur Jawa Barat Meningkatkan Kesiagaan Bencana Alam, Longsor Baru Ini Melanda SumedangGibran Bingung Antara Asam Folat dan Asam Sulfat Diskusi Jadi Sumber Tawa

Tanah Longsor Lumpuhkan Jalur KA Cirebon-Purwokerto

Penyebab dari lumpuhnya jalur ini adalah tanah longsor yang tak terduga, menutupi seluruh jalur rel arah Purwokerto-Cirebon.

Tanah Longsor Lumpuhkan Jalur KA Cirebon-Purwokerto yang terjadi di daerah Kabupaten Banyumas, tepatnya antara Stasiun Karanggandul dan Karangsari KM 340 + 100 di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Jawa Tengah, terjadi pada dini hari Senin, 4 Desember 2023, sekitar pukul 02.00 WIB.

Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi material longsor menimbun jalur rel KA dengan ketinggian mencapai 20 meter dan lebar 50 meter, mengakibatkan seluruh perjalanan KA jurusan Cirebon-Purwokerto harus dihentikan.

Kondisi darurat ini memaksa PT KAI Daerah Operasi V Purwokerto untuk mencari solusi cepat.

Sebanyak 16 perjalanan KA yang semula melintasi jalur terdampak dialihkan ke jalur utara dan selatan.

Bagi penumpang yang hendak menuju arah barat ke Jakarta atau ke timur ke Yogyakarta, rute KA dialihkan ke jalur utara, sementara sebagian KA lainnya menuju Bandung melalui jalur selatan.

Hujan deras yang berlangsung lebih dari tiga jam menjadi pemicu terjadinya tanah longsor tersebut.

Baca Juga:Mengapa Aceh Menolak Pengungsi Rohingya? Memahami Konflik Prioritas dan KemanusiaanKebocoran Data DPT Ancaman Terhadap Keamanan Pemilu, Takutnya Data Pemilih Di Jadikan Pinjol Sama Hackernya

Meskipun kejadian ini tak menelan korban jiwa, namun dampaknya terhadap perjalanan KA yang sangat vital tidak dapat diabaikan.

PT KAI akan terus melakukan pemantauan serta upaya perbaikan agar jalur KA arah Purwokerto-Cirebon segera dapat digunakan kembali.

Semoga proses pemulihan berjalan lancar dan perjalanan kereta api dapat segera kembali normal tanpa hambatan.

0 Komentar