Alasan Mengapa Kekuatan Hamas Meningkat Setelah Gencatan Senjata!

Alasan Mengapa Kekuatan Hamas Meningkat Setelah Gencatan Senjata!
Alasan Mengapa Kekuatan Hamas Meningkat Setelah Gencatan Senjata! (ist/BBC)
0 Komentar

sumedangekspres – Alasan Mengapa Kekuatan Hamas Meningkat Setelah Gencatan Senjata!

Meskipun bantuan kemanusiaan mendapat perhatian selama gencatan senjata antara Hamas dan Israel selama seminggu, ahli militer mencatat bahwa jeda tersebut mungkin memberi Hamas kesempatan untuk memperkuat dan mengisi ulang pasukannya ketika konflik kembali pecah pada hari Jumat.

Meskipun gencatan senjata berhasil memfasilitasi pembebasan puluhan sandera Israel dan asing, serta ratusan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel, pejabat Israel dan AS sebelumnya lebih memilih “jeda” pertempuran daripada gencatan senjata umum. Mereka secara terbuka menyatakan bahwa gencatan senjata umum akan menguntungkan Hamas.

Namun, karena jeda jangka pendek tersebut diperpanjang setiap hari selama seminggu terakhir, setidaknya hal itu setara dengan gencatan senjata sementara.

Baca Juga:Kapolri Lakukan Mutasi Besar-besaran di Jajaran Kapolres di Seluruh Indonesia, Ini Daftar Perubahannya!Berikut Padu Padan Kebaya Warna Merah Maroon Agar Terlihat Elegan

Kekhawatiran muncul bahwa situasi ini dapat memperkuat Hamas, memungkinkan mereka merespons serangan darat dan udara Israel yang merusak, terutama di Gaza utara, dan mungkin juga di Gaza selatan.

Banyak dari 2 juta penduduk sipil di wilayah ini tetap tinggal setelah mengabaikan peringatan Israel untuk meninggalkan Gaza utara sebelum pasukan Israel menyerang.

Apakah Hamas mendapat keuntungan dari gencatan senjata sementara mungkin akan terjawab segera setelah Israel melanjutkan operasi ofensifnya pada hari Jumat dengan melancarkan serangan udara di Jalur Gaza.

Tindakan ini dilakukan setelah Israel menyatakan bahwa Hamas telah melanggar ketentuan gencatan senjata. John Kirby, juru bicara keamanan nasional AS, sebelumnya mengakui adanya “risiko nyata” bahwa Hamas dapat mendapat manfaat dari perpanjangan gencatan senjata setiap hari, memungkinkan pembebasan lebih banyak sandera Israel dan asing, serta tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

“Kami mengawasi hal itu dengan cermat dan rekan-rekan kami di Israel, Anda bisa yakin [mereka] juga mengawasi hal itu dengan cermat,” kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional mengatakan kepada wartawan Gedung Putih pada hari Senin, dilansir ABC News.

“Saya hanya akan mengatakan bahwa tanpa membahas masalah intelijen, jeda apa pun dalam pertempuran dapat menguntungkan musuh Anda dalam hal waktu untuk melakukan perbaikan, untuk mengistirahatkan pejuang Anda, untuk mempersenjatai kembali mereka, memperlengkapi mereka kembali,” kata Kirby.

0 Komentar