Ka’bah Ditutup Sejak Sabtu Lalu, Jemaah Tak Bisa Menyentuhnya. Ada Apa?

Ka'bah Ditutup Sejak Sabtu Lalu, Jemaah Tak Bisa Menyentuhnya. Ada Apa?
Ka'bah Ditutup Sejak Sabtu Lalu, Jemaah Tak Bisa Menyentuhnya. Ada Apa? (ist/herald.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Ka’bah Ditutup Sejak Sabtu Lalu, Jemaah Tak Bisa Menyentuhnya. Ada Apa?

Pemeliharaan rutin pada Kabah berada di bawah pengawasan Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan dan melibatkan koordinasi dengan lembaga pemerintah terkait lainnya.

Kegiatan pemeliharaan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari inisiatif dan arahan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, serta secara langsung dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Baca Juga:Zara Beri Klarifikasi Usai Seruan Boikot Memanas yang Dianggap Hina PalestinaContoh Soal Tes Wawancara KPPS, Segera Persiapkan Dirimu!

“Upaya ini merupakan kelanjutan dari komitmen berkelanjutan Pemerintahan Raja Salman dalam merawat dan meninggikan Kabah, menjamin kesuciannya, serta menjaga seluruh elemennya agar tetap dalam kondisi optimal,” demikian mengutip Saudi Press Agency, Rabu, 13 Desember 2023.

Perawatan berkala terhadap Kabah tidak hanya merupakan tugas rutin, melainkan juga merupakan bagian dari pendekatan menyeluruh untuk memastikan perawatan, pelestarian, dan peningkatan yang sesuai terhadap situs yang paling suci bagi umat Islam ini.

Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan bertanggung jawab untuk mengawasi kemajuan proyek perluasan Penjaga Dua Masjid Suci.

Tim tersebut terdiri dari sekelompok profesional dan ahli yang berdedikasi untuk mengelola proyek ini. Proyek-proyek yang mereka tangani melibatkan perluasan signifikan Masjidil Haram di Arab Saudi, termasuk upaya untuk meningkatkan kapasitas area sirumbulan (Mataf) dan perluasan ketiga di Arab Saudi untuk Masjid Nabawi, termasuk alun-alunnya, serta komponen lain yang relevan.

Sejak berdiri pada tahun 1438 H, Departemen Manajemen Proyek telah secara aktif mengambil peran dalam mengawasi proyek perluasan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah atas nama Penjaga Dua Masjid Suci.

Pihaknya juga telah mengawasi pelaksanaan pemeliharaan berkala pada elemen-elemen Kabah sebelumnya, yang dilakukan pada bulan Syawal 1440 H dan Dzulhijjah 1442 H.

Walaupun banyak jamaah yang menanyakan kapan Kabah akan dibuka kembali untuk disentuh oleh umat Islam yang sedang menjalankan ibadah, pihak berwenang belum memberikan informasi mengenai waktu dan tanggal yang pasti.

0 Komentar