Caleg yang Gagal Dipersiapkan Pelayanan Khusus di RSHS Bandung

Caleg yang Gagal Dipersiapkan Pelayanan Khusus di RSHS Bandung
Caleg yang Gagal Dipersiapkan Pelayanan Khusus di RSHS Bandung(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Caleg yang Gagal Dipersiapkan Pelayanan Khusus di RSHS Bandung

Rumah Sakit Pusat Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dipersiapkan untuk melayani Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang gagal dan mengalami gangguan dalam pemilu 2024.

“Melayani pasien apapun itu terkait gangguan kejiwaan. Kita akan melayani dengan fasilitas yang kita miliki, mudah-mudahan di awal tahun depan kita punya ruang rawat inap,” kata Dokter Spesialis Jiwa RSHS dr. Santi Andayani, Rabu (13/12/2023). Dikutip dari detik.com (14/12).

Ia mengatakan, RSHS Bandung akan mempersiapkan Pelayanan Khusus di RSHS Bandung, 20 ruang rawat inap untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa. Baik yang bergejala ringan maupun berat.

Baca Juga:Ratusan Ribu Rokok Ilegal di Sumedang Berhasil Diamankan Satpol PPKasus Suap Bandung Smart City, 3 Terdakwa Sudah Mendapat Vonis Hukuman

dr. Santi menjelaskan, penyebab dari gangguan jiwa bisa dari berbagai faktor seperti, faktor genetik, psikologis dan sosial.

Seseorang yang mengalami gangguan jiwa ringan dan sedang mereka merasakan cemas, jantung berdebar, sakit kepala dan gangguan saluran pencernaan. Dan gangguan kejiwaan berat akan mengalami perilaku yang tidak biasa.

Tidak semua Caleg berpotensi mengalami gangguan kejiwaan, namun yang menentukan adalah kesiapan dirinya sendiri.

Lebih lanjut, menurutnya RSHS juga menyediakan layanan konsultasi bagi Caleg yang merasa malu untuk menanyakan kondisi kejiwaannya. Layanan ini kata Santi bisa mengobservasi kondisi psikis seseorang.

“Untuk orang-orang yang enggan melakukan konsultasi secara langsung karena berbagai alasan, kami menyediakan layanan telekonsultasi melalui aplikasi. Contohnya, menggunakan Zoom, dokter dapat melakukan observasi terhadap individu yang mengalami gangguan jiwa,” katanya menjelaskan.

Santi juga menyarankan para Calon Legislatif (Caleg) untuk mempersiapkan diri saat mengikuti sebuah kompetisi. Baginya, Caleg harus siap menghadapi kenyataan, baik itu meraih kemenangan atau mengalami kekalahan.

0 Komentar