Antisipasi Arus Lalu Lintas Sibuk di Akhir Tahun: Prediksi Jasa Marga untuk Natal dan Tahun Baru

Antisipasi Arus Lalu Lintas Sibuk di Akhir Tahun
Antisipasi Arus Lalu Lintas Sibuk di Akhir Tahun (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Menghadapi akhir tahun yang diisi libur Natal dan Tahun Baru, Jasa Marga melalui Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head, mengungkapkan prakiraan arus lalu lintas diperkirakan akan tinggi.

Kendaraan pribadi diperkirakan akan mendominasi jalan, dan akan dilakukan langkah koordinasi dan evaluasi internal untuk memprediksi puncak lalu lintas liburan dan mudik pada periode Natal dan Tahun Baru.

Menurut Lisye Octaviana, puncak arus mudik periode Natal 2023 diperkirakan terjadi pada hari Jumat, 22 Desember 2023, dan puncak kepulangan periode Tahun Baru 2024 diperkirakan terjadi pada Sabtu, 30 Desember 2023.

Baca Juga:Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Kabupaten Sukabumi: Kerugian dan Respons Tanggap DaruratMemilih TPQ dan Ponpes Berizin: Langkah Penting untuk Keamanan Anak

Sedangkan puncak arus balik pada periode Natal 2023 diperkirakan pada Selasa, 26 Desember 2023, dan periode Tahun Baru 2024 diperkirakan pada Senin, 1 Januari 2024.

Jasa Marga juga merinci prediksi jumlah total kendaraan yang diperkirakan akan meninggalkan Jabotabek selama periode libur Natal-tahun baru, yaitu pada rentang waktu 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

Diperkirakan 2,88 juta kendaraan akan meninggalkan wilayah tersebut, menunjukkan peningkatan lalu lintas sebesar 14,2 persen dibandingkan dengan kondisi bisnis seperti biasa.

Sebaliknya, prediksi jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jabotabek pada periode yang sama adalah sekitar 2,89 juta kendaraan, menandakan peningkatan sebesar 14,1 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Upaya ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat dan pihak terkait agar dapat bersiap-siap menghadapi tingginya mobilitas kendaraan selama musim liburan ini.

Langkah-langkah antisipatif seperti koordinasi internal dan evaluasi yang dilakukan oleh Jasa Marga menjadi langkah proaktif dalam memitigasi potensi kemacetan dan memastikan kelancaran arus lalu lintas di momen penting ini.

Masyarakat dihimbau untuk memperhatikan informasi terkini terkait kondisi lalu lintas dan melakukan perencanaan perjalanan dengan bijak agar dapat menikmati liburan akhir tahun dengan aman dan nyaman.***

Baca Juga:Insiden Mencekam di Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu: Kecelakaan Mobil vs. KA Feeder Kereta Cepat Whoosh6 Cara Efektif Meningkatkan Mood di Pagi Hari dan Memulai Hari dengan Semangat

Demikian merupakan artikel mengenai Antisipasi Arus Lalu Lintas Sibuk di Akhir Tahun: Prediksi Jasa Marga untuk Natal dan Tahun Baru.

 

0 Komentar