Jelang Natal dan Tahun Baru, Beberapa Titik Rawan Macet

Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika
Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Dalam upaya meningkatkan pengamanan dan kesiapsiagaan menjelang natal 2023 dan tahun baru 2024, Basarnas Bandung telah menyiagakan alat dan personelnya di beberapa titik rawan di Jawa Barat. Titik-titik tersebut mencakup Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Tol Cipali KM 102, Tol Cipali KM 166 dan KM 164, KN (Kapal Negara) SAR 206 Bandung di Pelabuhan Cirebon, Lingkar Gentong Tasikmalaya, Mobile Nagreg, Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut dan Waduk Cirata.

Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika secara resmi membuka kegiatan Siaga SAR khusus natal 2023 dan tahun baru 2024. Apel pembukaan tersebut dilaksanakan di Lapangan Upacara Basarnas Bandung dan dihadiri oleh seluruh personel Basarnas Bandung, perwakilan dari Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) tingkat daerah Jawa Barat, serta perwakilan dari Satuan Karya (SAKA) SAR Jawa Barat, Senin (18/12).

Sebanyak 94 personel dikerahkan, didukung oleh Potensi SAR Jawa Barat yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca Juga:Jembatan Cilutung Jadi Objek Wisata BaruSerah Terima Peleton Latih Nilai Patriotisme

Mengingat tingginya animo masyarakat untuk melaksanakan libur akhir tahun dan tradisi mudik, Kepala Basarnas Bandung menyoroti potensi terjadinya kedaruratan luar biasa. Faktor-faktor seperti kemacetan lalu lintas dan prakiraan cuaca buruk yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang di Jawa Barat menjadi perhatian utama.

Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika, menyampaikan bahwa Siaga SAR khusus natal dan tahun baru ini akan berlangsung selama 21 hari, dimulai dari 18 Desember hingga 7 Januari 2024. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya tidak hanya menjalankan rutinitas, tetapi juga menjawab potensi ancaman kedaruratan.

“Basarnas Bandung mendorong untuk meningkatkan patroli dan pemantauan di lokasi pariwisata, memastikan kesiapan alur dan peralatan pendukung, serta menjaga sinergitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas di lapangan,” tuturnya.

Terlebih lagi, Hery Marantika mengimbau agar setiap personel waspada terhadap titik-titik simpul kemacetan, selalu memperbarui informasi cuaca dan fokus pada kesehatan dan keselamatan.

“Dengan langkah-langkah ini, Basarnas Bandung berkomitmen memberikan pelayanan keselamatan optimal kepada masyarakat menjelang dan selama libur natal dan tahun baru,” paparnya. (kos)

0 Komentar