Menteri Agama Gus Yaqut Hadiri Kemah Bakti Harmoni Beragama II Saka Amal Bakti di Jatinangor Sumedang

Menteri Agama Gus Yaqut Hadiri Kemah Bakti Harmoni Beragama II Saka Amal Bakti di Jatinangor Sumedang
Menteri Agama Gus Yaqut Hadiri Kemah Bakti Harmoni Beragama II Saka Amal Bakti di Jatinangor Sumedang (ist/ig/kemenagsumedang)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada hari Jumat, 22 Desember 2023, Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas (biasa disapa Gus Yaqut) menghadiri acara Kemah Bakti Harmoni Beragama II Saka Amal Bakti.

Acara yang dilaksanakan di Perkemahan Kiarapayung Jatinangor Kabupaten Sumedang, acara tersebut diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat.

Kemah Bakti Harmoni Beragama merupakan salah satu langkah konkrit implementasi program prioritas Kementerian Agama untuk memperkuat moderasi beragama di Indonesia.

Baca Juga:Menteri Agama RI Membuka Kantor Kemenag Sebagai Tempat Ibadah Natal Tahun 2023Perkiraan Cuaca 23 Desember 2023 di Kabupaten Sumedang

Acara yang dihadiri oleh 8000 peserta ini melibatkan penyuluh lintas agama, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Jawa Barat, siswa-siswi madrasah, santri, dan penganut agama lainnya.

Rangkaian kegiatan berlangsung mulai tanggal 22 hingga 24 Desember 2023.

Gus Yaqut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini yang mampu mengumpulkan semua agama dan menyatukan berbagai elemen masyarakat.

Dijelaskannya, acara tersebut mencerminkan semangat menjaga keberagaman dan kerukunan di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Menghadirkan penyuluh agama dan siswa-siswi yang berbeda agama merupakan langkah positif menuju pemahaman yang lebih mendalam terhadap keberagaman agama yang ada di Indonesia.

Menurut Gus Yaqut, Kemah Bakti Harmoni Beragama merupakan langkah nyata dalam mewujudkan semangat persatuan dan saling pengertian dalam masyarakat yang beragam.

Acara ini juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih mengenal perbedaan dan memperkuat rasa persatuan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. Ajam Mustajam, menjelaskan bahwa ini merupakan kali kedua acara Kemah Bakti Harmoni Beragama digelar, setelah pertama kali sukses dilaksanakan pada tahun 2022.

Baca Juga:Pencegahan Stunting Merambah ke Anggota Gerakan Pramuka di Kabupaten MajalengkaASTRA Tol Cipali Siapkan Strategi dan Diskon Tarif untuk Antisipasi Peningkatan Arus Lalu Lintas Natal dan Tahun Baru 2023

Beliau menambahkan bahwa acara ini direncanakan akan menjadi agenda rutin Saka Amal Bakti Kemenag Jawa Barat.

Hal ini merupakan bukti nyata inovasi Saka Amal Bakti yang telah diakui dan diresmikan melalui surat keputusan oleh Kwarda Jawa Barat.

Kemah Bakti Harmoni Beragama menjadi momentum penting dalam menjaga keberagaman Indonesia, serta memupuk semangat toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

Melalui inisiatif seperti ini, diharapkan masyarakat dapat semakin memahami dan menghargai perbedaan agama sebagai kekayaan bangsa yang harus dijaga bersama.***

Demikian merupakan artikel mengenai Menteri Agama Gus Yaqut Hadiri Kemah Bakti Harmoni Beragama II Saka Amal Bakti di Jatinangor Sumedang.

0 Komentar