Sumedang Ternyata Menyimpan Jejak Kehidupan Purba

Sumedang Ternyata Menyimpan Jejak Kehidupan Purba
Sumedang Ternyata Menyimpan Jejak Kehidupan Purba (ist/DOK Disparbudpora Sumedang)
0 Komentar

sumedangekspres – Sumedang Ternyata Menyimpan Jejak Kehidupan Purba.

Ternyata, Sumedang yang terkenal dengan produksi tahu-nya menyimpan kekayaan sejarah purba yang mengejutkan.

Penemuan ini terungkap setelah tim Museum Geologi Badan Geologi melakukan penyelidikan intensif selama bertahun-tahun di Lembah Cisaar Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Lembah Cisaar, sebuah daerah di Jawa Barat, ternyata menjadi tempat yang kaya akan fosil-fosil purba.

Baca Juga:Prakiraan Cuaca Sumedang Minggu 24 Desember 2023Jadwal Sholat Sumedang Minggu 24 Desember 2023

Di lokasi ini, peneliti berhasil menemukan fosil-fosil berbagai jenis makhluk, seperti gajah, kura-kura, badak, kuda nil, rusa, buaya, babi, banteng, gigi hiu, moluska, kayu, dan artefak berupa alat batu.

Keberadaan alat batu tersebut menunjukkan adanya kehidupan manusia purba jutaan tahun yang lalu, membuktikan bahwa Sumedang memiliki sejarah panjang sebagai tempat tinggal manusia prasejarah.

Seiring dengan ditemukannya fosil vertebrata dan artefak, Site Museum Lembah Cisaar Sumedang didirikan oleh Badan Geologi.

Museum ini bertujuan untuk melestarikan peninggalan-peninggalan purba, memberikan pendidikan kepada masyarakat, dan mengembangkan destinasi wisata yang unik.

Pada tanggal 24 Agustus 2023, Wakil Bupati Erwan Setiawan secara resmi meresmikan pembukaan Site Museum Lembah Cisaar.

Dalam sambutannya, Erwan mengajak warga setempat untuk turut serta aktif dalam menjaga dan melestarikan situs tersebut, mengingat masih banyak kemungkinan penemuan fosil yang tersebar di sekitarnya.

“Kami berharap warga setempat dapat ikut serta menjaga dan melestarikan site museum ini. Kami juga akan terus berupaya untuk mengembangkan site museum ini agar menjadi destinasi wisata yang menarik dan edukatif,” ujar Erwan dengan penuh harap.

Baca Juga:Peresmian Tugu Lingga Ratu Kujang Papasangan Diharapkan Mendukung Ekonomi dan Wisata SumedangSuhu Sumedang Makin Panas, Ini Penjelasan dari BMKG

Kepala Museum Geologi Badan Geologi, Isnu Sulistyawan, menyampaikan bahwa Badan Geologi selalu berkomitmen untuk mengungkapkan potensi sumber daya geologi dan menyediakan informasi geologi yang dibutuhkan untuk pembangunan dan masyarakat.

“Kami berharap site museum ini dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang jejak kehidupan purba di Indonesia,” tambah Isnu.

Dengan demikian, Site Museum Lembah Cisaar Sumedang menjadi sebuah pintu gerbang bagi masyarakat untuk lebih memahami dan mengapresiasi warisan sejarah yang tak ternilai di wilayah Sumedang.

Demikian pembahasan mengenai Sumedang Ternyata Menyimpan Jejak Kehidupan Purba.***

0 Komentar