KPU Sumedang Terima Tiga Kontainer Surat Suara Pemilu 2024: Persiapan Matang Menghadapi Pesta Demokrasi

KPU Sumedang Terima Tiga Kontainer Surat Suara Pemilu 2024
KPU Sumedang Terima Tiga Kontainer Surat Suara Pemilu 2024 (ist/ilustrasi/pin)
0 Komentar

sumedangekspresKomisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang menerima tiga kontainer berisi surat suara Pemilu 2024.

Surat suara ini dikirimkan Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Minggu malam, 24 Desember 2023, surat suara sudah sampai di KPU Sumedang. Namun hujan deras membuat proses bongkar muat surat suara dari kontainer terhambat.

Baca Juga:Antusiasme Tinggi: Tiket Kereta Api Favorit Menuju Timur Pulau Jawa Ludes Terjual untuk Puncak Natal 2023 dan Tahun Baru 2024Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Perbedaan Politik: Saran dari Ahli Kedokteran Jiwa

Pekerjaan bongkar muat surat suara hanya dapat dilakukan pada hari Senin tanggal 25 Desember 2023.

Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan jumlah surat suara yang diterima di Sumedang untuk pemilu DPR-RI dan DPRD daerah sebanyak 916.071.

Jumlah tersebut setara dengan perolehan suara DPRD Provinsi.

Sebelumnya, KPU Sumedang telah menerima tiga jenis surat suara, yaitu surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota.

Ogi mengungkapkan bahwa surat suara untuk pemilihan DPR RI dan DPRD Provinsi yang telah diterima oleh KPU Sumedang akan menjalani tahapan penyortiran.

Setelah tahapan ini selesai, proses distribusi logistik oleh KPU Sumedang akan dilaksanakan secepatnya.

Saat ini, KPU Sumedang tengah menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) pada Pemilu 2024.

SIREKAP merupakan aplikasi yang diciptakan oleh KPU untuk mempermudah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melakukan rekapitulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga:Pengamanan Arus Mudik dan Balik Nataru 2024: Kebijakan Pembatasan Operasional Angkutan Barang oleh Polri dan KemenhubMeningkatkan Peran Saksi Parpol dalam Pemilu 2024 di Sumedang: Antisipasi Kesalahan Human Error

Bimtek tersebut diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sumedang.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 24 hingga 26 Desember 2023. Dengan persiapan yang matang, KPU Sumedang siap menghadapi Pemilu 2024 dan memastikan jalannya proses demokrasi dengan baik.***

Demikian merupakan artikel mengenai KPU Sumedang Terima Tiga Kontainer Surat Suara Pemilu 2024: Persiapan Matang Menghadapi Pesta Demokrasi .

0 Komentar