Peringatan 19 Tahun Tsunami Aceh Dihadiri Prabowo dan SBY!

Peringatan 19 tahun Tsunami Aceh dihadiri Prabowo dan SBY
Peringatan 19 tahun Tsunami Aceh dihadiri Prabowo dan SBY(googlemaps/richo imawan)
0 Komentar

sumedangekspres– Peringatan 19 tahun Tsunami Aceh dihadiri Prabowo dan SBY, tsunami yang terjadi di Aceh lalu sangat membekas diingatan semua orang, kejadian yang tiba-tiba itu merenggut nyawa ribuan orang.

Kejadian yang terjadi pada Minggu, 26 Desember 2004. Sekitar pukul 07.50 WIB, Aceh bagian barat dan sekitarnya merasakan guncangan gempa sebesar 9,1 hingga 9,3 SR berpusat di 20-25 kilometer barat daya Sumatera.

Tidak berselang lama, warga di pesisir pantai melihat air laut menjadi surut dan garis pantai mundur hingga ratusan meter. Tak sampai beberapa menit, tiba-tiba datang gelombang besar setinggi kurang lebih 30 meter yang menyapu pantai barat Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Baca Juga:Museum Tsunami Aceh Saat Peringatan 19 Tahun Kejadian: Berapa Biaya Masuknya?Firli Bahuri Tersandung Kasus Dugaan Pemerasan Terhadap SYL!

Diperkirakan gelombang tsunami ini menyapu bersih daratan dengan kecepatan mencapai 800 km per jam.

Hanya dalam waktu tujuh menit, kota-kota di pesisir barat Aceh sudah dipenuhi dengan puing-puing bangunan dan mayat dalam kondisi tragis. Dilaporkan sekitar 132.000 jiwa meninggal dunia dan 37.000 orang dinyatakan hilang. Lalu, pada 27 Desember 2004, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa tsunami Aceh merupakan bencana kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Sementara itu, pada 31 Desember 2004, Indonesia dinyatakan sebagai negara yang terdampak tsunami paling parah.

Saking besarnya guncangan di Aceh, gempa juga menimbulkan tsunami di beberapa negara lainnya, seperti Sri Lanka, Thailand, dan India.

Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto akan menghadiri acara peringatan 19 tahun tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004.

Peringatan itu juga akan dihadiri oleh Presiden ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid menegaskan, Prabowo menghadiri acara hari ini dalam kapasitas sebagai Menhan.

Menurut Nusron, acara peringatan tsunami Aceh juga akan dihadiri oleh para tokoh dan hulubalang Aceh. Jumlah peserta peringatan ini sekitar 250 orang.

Itulah informasi mengenai Peringatan 19 tahun Tsunami Aceh dihadiri Prabowo dan SBY.

0 Komentar