Sembilan Rumah di Kebonjati Rusak Parah Akibat Gempa Sumedang

Sembilan Rumah di Kebonjati Rusak Parah Akibat Gempa Sumedang
Sembilan Rumah di Kebonjati Rusak Parah Akibat Gempa Sumedang (ist/ahmad)
0 Komentar

sumedangekspres – Sembilan Rumah di Kebonjati Rusak Parah Akibat Gempa Sumedang, Gempa Bumi yang terjadi tiga kali dalam hitungan jam, mengguncang Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Hal itu menyebabkan delapan rumah warga rusak.

Sembilan Rumah di Kebonjati Rusak

“Gempa yang terjadi tiga kali berturut – turut pada hari minggu (31/12) mengakibat beberapa rumah warga rusak parah, termasuk rumah saya sendiri tembok atasnya retak – retak,” beber Kepala Desa (Kades) Kebonjati, Jajang kepada Sumeks baru – baru ini.

Kades menuturkan, pada saat gempa pertama dengan guncangan 4.1 M pada pukul 14: 35 WIB pihaknya sudah memperingatkan warga untuk hati – hati dan waspada, serta mengimbau para Ketua RW dan RT untuk memantau situasi dan kondisi di lingkunganya. Karena ditakutkan ada gempa susulan pada saat itu di wilayahnya masih belum ada yang terdampak.

Baca Juga:Gempa Sumedang Guncang Desa Mekarjaya, Rumah Pa Tri WahyudiWaspada! Sumedang Terpilih Sebagai Pusat Gempa Baru dengan Keterkaitan Sesar Cileunyi Tanjungsari yang Mencemaskan!

“Dan pada gempa susulan yang ketiga yaitu pada pukul 20:34 dengan 4.8 M, baru kami mendapat laporan dari para ketua RW dan ketua RT ada 8 rumah warga kami yang rusak terdampak dari gempa susulan tersebut,” jelasnya.

Diantaranya lanjut Kades, pertama di Dusun Kubangjaya RT.04/05, ada empat rumah rusak yaitu rumah Tirta, Carti, Yayah, Ohay dan lainnya.

“Kemudian di Dusun Sukakerta RT 03 RW 02 rumah Ibu Itay, Pak Ere , Pak Didi dan satu rumah di Dusun Bojongjati RT 06 RW 01 yaitu rumah pak Ali temboknya pada retak,” ucap Kades.

Kades mengatakan, pada proses antisipasi dan evakuasi korban gempa pihaknya bejibaku dengan perangkat desa dan warga, serta terus berkoordinasi dengan forkopimcam dan BPBD setempat.

Dengan adanya bencana yang menimpa warganya Kades berharap segera ada bantuan dari pemerintah daerah (Pemda) dan intansi terkait.

“Kami berharap khususnya ke Pemda, serta intansi terkait seperti BPBD dan Baznas kalau ada bantuan segera salurkan. Karena masyarakat kami yang terdampak gempa menunggu, untuk memperbaiki rumahnya yang rusak,” katanya.

Kades tetap mengimbau warga Desa Kebonjati dan umumnya kepada warga Sumedang untuk tetap waspada dan siaga dan berjaga- jaga. (ahm)

0 Komentar