Kakanwil Kemenkumham Jabar Tinjau Lapas Sumedang Pasca Gempa

Kakanwil Kemenkumham Jabar Tinjau Lapas Sumedang Pasca Gempa
Kakanwil Kemenkumham Jabar Tinjau Lapas Sumedang Pasca Gempa(istimewa/sippn.menpan.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Kakanwil Kemenkumham Jabar Tinjau Lapas Sumedang Pasca Gempa

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Provinsi Jawa Barat R.Andika Dwi Prasetya beserta romobongan Kanwil Kemenkumham yang didampingi Pangdam III/Siliwangi dan Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman meninjau Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sumedang Pada Selasa 2 Januari 2024.

Gempa bumi yang menggunjang Kabupaten Sumedang pada waktu lalu yang terus berlanjut hingga saat ini, tercatat beberapa kali terjadi gempa. Tanggal 31/12/2023 : 1. Gempa Mag: 4,1 SR 14:35:34 WIB, 2. Gempa Mag: 3,4 SR 15:38:10 WIB, 3. Gempa Mag: 4,8 SR 20:34:24 WIB. Tanggal 01/01/2024 : 1. Gempa Mag: 4,5 SR 20:46:48 WIB. Pasca kejadian ini Kakanwil Kemenkumham Jabar tinjau Lapas Sumedang  dengan secepatnya.

Kepala Kantor Wilayah menekankan pentingnya memusatkan perhatian pada pemahaman risiko gempa, serta memberikan pengetahuan kepada penduduk sekitar mengenai langkah-langkah pencegahan dan respons darurat saat terjadi gempa.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Jabar Bisa jadi Penyumbang Suara Terbanyak Prabowo-GibranKapolda Jabar Meninjau dan Ngobrol Santai Dengan Pasien di Tenda Halaman RSUD Sumedang

Kemudian, Pelaksana Tugas (PJ) Bupati Sumedang menegaskan pentingnya kesatuan dan dukungan dalam usaha bersama memulihkan situasi saat ini. Menyarankan untuk tetap tenang dan patuh terhadap petunjuk yang diberikan oleh petugas lapas terkait proses evakuasi darurat.

Pangdam III Siliwangi menjelaskan pentingnya pemahaman tentang proses evakuasi darurat untuk petugas lapas dan narapidana. Hal ini merupakan upaya untuk memastikan bahwa negara dan pemerintah hadir secara bersama-sama dalam mendukung masyarakat yang mengalami musibah.

Karena Lapas Kelas IIB Sumedang, termasuk Objek Vital, sehingga diperlukan perhatian khusus dari Pemerintah Daerah dengan melakukan Pengecekan secara menyeluruh Bangunan Gedung dan Kantor oleh BNPB dan Dinas PUPR Kabupaten Sumedang. Dari hasil pantauan, terdapat Retak halus pada area : Kamar Mandi Disabilitas, Kamar Mandi Kunjungan, Ruang Kunjungan, Area Brandgang, Pintu Masuk Blok Asahan 5 dan 6, Atap Blok Asahan (bergelombang).

Kakanwil Kemenkumham Jabar tinjau Lapas Sumedang untuk menangani peristiwa ini di Lapas Kelas IIB Sumedang yaitu,1. Telah dilakukan pemeriksaan terkait Kelayakan Bangunan dan Perhitungan Ambang Batas Kerusakan oleh dinas PUPR dan BNPB; 2. Mengajukan usulan anggaran *tanggap darurat* renovasi perbaikan gedung dan bangunan ke Ditjenpas; 3. Mengusulkan Pemindahan WBP Sementara sejumlah 60 orang ke Lapas terdekat; 4. Guna antisipasi gempa susulan dibangun tenda darurat yang disediakan oleh TNI dalam area Lapas Sumedang. Selain di Lapas Kelas IIB Sumedang, pemantauan Pasca Gempa Bumi Sumedang dilakukan di RSUD Sumedang.

0 Komentar