Hoax! Video Viral Longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang

Hoax! Video Viral Longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang
Hoax! Video Viral Longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang/Tangkap Layar Video Tersebut
0 Komentar

sumedangekspres – Sebuah video viral yang menyebutkan terjadi longsor di Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, telah ditepis oleh Kapolsek Pamulihan Iptu Tri Sunu Suparjianto.

Beliau membantah rumor tersebut, menjelaskan bahwa video tersebut adalah kejadian pada 2022, yang kembali dibagikan tanpa tanggung jawab oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Hati-hati yg perpegian jauh yg lewat cadas pangeran longsor tiba-tiba. Semoga Allah melindungi kita semua aamiin,” demikian isi dalam video viral tersebut.

Baca Juga:Presiden Jokowi Kirim Karangan Bunga ke Rumah Duka Rizal RamliCak Imin: Jawa Barat Kekuatan Kita, Minimal 50 Persen Menangnya

Rekaman longsor tersebut menciptakan kesan bahwa kejadian tersebut terjadi baru-baru ini, setelah gempa bumi dengan magnitudo 4,8 di Sumedang pada 31 Desember 2023.

Namun, Polres Sumedang melalui akun Facebooknya mengklarifikasi bahwa tidak ditemukan longsor sepanjang jalan Cadas Pangeran, dan situasi jalan tersebut terpantau aman serta kondusif.

“Menindaklanjuti adanya vidio yang viral beredar di media sosial terkait adanya longsor di jalur jalan raya Cadas Pangeran Sumedang, sekira jam 13.00 WIB, telah dilaksanakan monitoring. Baik jalan atas maupun bawah jalan Cadas Pangeran terpantau aman dan kondusif,” tulis akun Polres Sumedang di Facebook.

Pentingnya untuk memverifikasi informasi sebelum membagikannya, agar tidak turut menyebarkan hoaks yang dapat menciptakan kepanikan dan ketidakpastian di masyarakat.

Dalam hal ini, video tersebut telah terbukti sebagai hoaks, menciptakan klaim palsu tentang adanya longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang.

0 Komentar