Jusuf Hamka : Terowongan Tol Cisumdawu Tidak Retak Karena Gempa Sumedang!

Jusuf Hamka : Terowongan Tol Cisumdawu Tidak Retak Karena Gempa Sumedang!
Jusuf Hamka : Terowongan Tol Cisumdawu Tidak Retak Karena Gempa Sumedang! (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Jusuf Hamka : Terowongan Tol Cisumdawu Tidak Retak Karena Gempa Sumedang!

Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (PT CKJT), M Jusuf Hamka, langsung melakukan inspeksi pasca gempa yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sebagai pemilik Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu), Hamka melakukan pemeriksaan di beberapa lokasi, terutama di Jalan Tol Cisumdawu yang melibatkan terowongan dan jembatan panjang.

Baca Juga:Apakah Gempa Jepang Berkaitan Dengan Gempa Sumedang?Daftar Nama 10 Korban Gempa Bumi di Sumedang

Setelah melakukan pemeriksaan, Jusuf Hamka, yang akrab disapa Babah Alun, menyatakan bahwa jembatan maupun terowongan Twin Tunnel Tol Cisumdawu tetap dalam kondisi baik tanpa adanya retak, sesuai dengan laporan sebelumnya.

Dia merasa lega bahwa infrastruktur tersebut mampu bertahan dari gempa bumi, menunjukkan kekokohan konstruksi buatan dalam negeri.

“Ternyata kita cek sepintas bahwa aman semua gak ada retak atau apapun,” ucap Jusuf Hamka usai peninjauan visual di ruas tol seluas 61,6 kilometer tersebut.

Dia menegaskan bahwa Tol Cisumdawu aman untuk dilalui, dan merasa bangga karena karya anak negeri mampu bertahan dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi.

Meskipun sempat muncul isu retak pada dinding twin tunnel Tol Cisumdawu setelah gempa, Jusuf Hamka menyebut bahwa pemeriksaan awal tidak dilakukan oleh orang teknis.

Tim patroli yang melakukan pemeriksaan setelah gempa melihat seolah-olah ada retakan di bagian terowongan, namun ternyata itu hanya kotoran yang kemudian dibersihkan menggunakan sapu lidi keesokan harinya.

“Pas setelah gempa orang kami ada periksa tetapi orang patroli saja, bukan orang teknis. Jadi dibersihkan sama sapu lidi semua, ternyata tidak ada retakan,” jelas Jusuf.

Baca Juga:Dampak Gempa Sumedang Runtuhkan Gapura Taman Pataraksa di Cirebon?Lokasi dan Jadwal SIM Keliling Sumedang Rabu 3 Januari 2024

Selain memeriksa twin tunnel Tol Cisumdawu, pihaknya juga memeriksa infrastruktur lainnya, terutama jembatan yang cukup panjang di ruas tol tersebut.

Salah satunya adalah Jembatan Conggeang yang memiliki panjang 640 meter dan Jembatan Kadongdong yang mencapai 740 meter.

Beruntungnya, tidak ada dampak kerusakan pada Tol Cisumdawu setelah gempa bumi Kabupaten Sumedang.

Dalam konteks gempa Sumedang, yang diguncang tujuh kali sejak Minggu, 31 Desember 2023, dengan gempa terkuat mencapai 4,8 magnitudo, puluhan rumah warga mengalami kerusakan dan menyebabkan warga harus mengungsi.

0 Komentar