Kartika Wirjoatmodjo Sharing Tips untuk Pengusaha Kecil Agar Berkembang

Kartika Wirjoatmodjo
Kartika Wirjoatmodjo/Cr. On Pict
0 Komentar

sumedangekspres – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, baru-baru ini memberikan sejumlah tips berharga bagi pengusaha kecil dalam upaya meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dalam diskusi di Taman BRI di Jakarta pada Jumat (12/1), Tiko, sapaan akrabnya, menggarisbawahi beberapa hal kunci yang dianggapnya esensial untuk memastikan pertumbuhan dan stabilitas bagi para pelaku usaha kecil.

Berikut yang tips yang diucapkannya:

1. Literasi Keuangan dan Perencanaan Bijak

“Berikutnya bagaimana kita mengajari mulai dari menabung, punya aset apakah emas, apakah motor,”

2. Pembiayaan yang Terakses dan Pendalaman Bisnis

Baca Juga:Wow! Indonesia dan Vietnam Sepakati Rp233,4 Triliun Buat Target Ini!Gak Nyangka! Ternyata Ini Mobile Banking yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

“Selain pembiayaan perbankan yang dapat terakses dengan mudah dan kemampuan pendalaman bisnis,”

3. Perlindungan melalui Asuransi

“Menghindari bencana apakah bencana alam atau bencana pribadi, asuransi masuk,”

4. Manajemen Kekayaan dan Edukasi

“Manajemen kekayaan atau wealth manajemen pengusaha kecil juga perlu diberikan edukasi agar kesejahteraan mereka terus meningkat,”

5. Investasi Emas sebagai Pilihan Aman

Bicara investasi, Tiko mengimbau agar pengusaha kecil yang usahanya sudah mulai maju dapat membeli emas sebagai aset investasi.

Tiko juga menegaskan pentingnya edukasi untuk mencegah risiko seperti terjebak dalam judi online dan menyampaikan peringatan terhadap penempatan dana di instrumen investasi yang berisiko tinggi.

Menurutnya, dengan memiliki literasi perencanaan keuangan yang baik, para pengusaha kecil dapat menghindari penurunan kesejahteraan akibat musibah atau masalah kesehatan.

Investasi emas dianggap sebagai langkah bijak karena risikonya yang rendah dan likuiditas yang tinggi, memudahkan dicairkan jika dibutuhkan.

Dalam keseluruhan saran dan panduannya, Kartika Wirjoatmodjo berusaha memberikan landasan yang kokoh bagi pengusaha agar dapat mengelola keuangan mereka dengan bijak dan mengantisipasi risiko, memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

0 Komentar