Megawati Peringatkan KPU dan Bawaslu Bekerja Dengan Bener, Ini Tanggapan KPU dan Bawaslu

Megawati Peringatkan KPU dan Bawaslu Bekerja Dengan Bener, Ini Tanggapan KPU dan Bawaslu
Megawati Peringatkan KPU dan Bawaslu Bekerja Dengan Bener, Ini Tanggapan KPU dan Bawaslu(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Megawati Peringatkan KPU dan Bawaslu Bekerja Dengan Bener, Ini Tanggapan KPU dan Bawaslu

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sebelumnya meminta KPU dan Bawaslu agar bekerja secara optimal.

“Kebenaran ketika Pemilu dapat terjadi ketika rakyat dapat mengekspresikan hati nurasi secara bebas, merdeka, dan berdaulat. Nah ini untuk KPU, Bawaslu, tolong dong kerja yang benar,” kata dia di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga:Terjadi Bencana Longsor di Cipameungpeuk Sumedang, Akibat Curah Hujan TinggiSadis, Suami Bunuh Istri di Sumedang, Berikut Faktanya!

Pernyataan Megawati yang mengatakan KPU dan Bawaslu bekerja dengan bener Hal itu direspon oleh KPU dan Bawaslu, Hasyim Asy’ari menanggapi sentilan Megawati tersebut dengan positif.

“Ya memang benar, komentar beliau benar, KPU harus bekerja sesuai aturan perundang-undangan. Beliau sudah benar karena memang KPU dan Bawaslu harus kerja benar,” kata Hasyim di Denpasar, Kamis (11/1/2024), dikutip dari Antara.

Terkait pandangan Megawati tentang penyelenggaraan pemilu di masa Orde Baru atau LPU yang dianggap lebih kuat daripada KPU, Hasyim menyatakan bahwa mereka tidak memiliki kekuatan yang melebihi kendali lembaga-lembaga lain.

Dalam perspektifnya, pada masa Orde baru, pemerintah bertindak sebagai penyelenggara Pemilu. Pemilu tahun 1999 masih melibatkan perwakilan peserta Pemilu dan pemerintah sebagai penyelenggara, yang pada akhirnya tidak berhasil menetapkan hasil dan diambil alih oleh Presiden Habibie.

“Maka dari itu, KPU beroperasi dalam berbagai kontrol, yang diawasi oleh Bawaslu, PTUN, DKPP, Mahkamah Agung, dan Mahkamah Konstitusi. Semua ini bertujuan untuk mengontrol KPU, sehingga saat ini KPU tidak dapat memiliki kekuatan yang melebihi kekuatan-kekuatan lain,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Subagja juga merespon hal tersebut dengan positif.

“Alhamdulillah, bagus dong itu. Itu merupkan dukungan kepada penyelenggara Pemilu untuk melakukan tugasnya dengan baik dan benar. Alhamdulillah juga ada sentilan buat kami,” kata dia.

0 Komentar