Perlunya Melengkapi Vaksinasi Anak: Upaya Melindungi Masa Depan yang Cerah

Perlunya Melengkapi Vaksinasi Anak: Upaya Melindungi Masa Depan yang Cerah
Perlunya Melengkapi Vaksinasi Anak: Upaya Melindungi Masa Depan yang Cerah (ist/ilustrasi/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Ahli Tumbuh Kembang Anak, dr. Angga Wirahmadi, dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, mendorong orang tua untuk melengkapi vaksinasi anak sebagai langkah efektif melindungi mereka dari penyakit berbahaya.

Menurut dr. Angga, imunisasi pada anak bukan hanya menyelamatkan mereka dari risiko kematian, tetapi juga mengurangi tingkat keparahan penyakit yang dapat dicegah melalui vaksin.

Keberhasilan vaksinasi bukan hanya bermanfaat bagi anak yang diimunisasi, tetapi juga berkontribusi pada kekebalan kelompok atau herd immunity, memberikan perlindungan ekstra kepada individu dengan kondisi kesehatan khusus seperti penderita autoimun, HIV, penyakit ginjal, dan penyakit komorbid lainnya.

Baca Juga:Jelang Piala Asia 2023: Japan Football Association Berbicara tentang Shin Tae-yong dan Pratama ArhanMewaspadai Potensi Cuaca Ekstrem: Imbauan BMKG untuk Berbagai Daerah di Indonesia, Termasuk Jawa Barat!

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan RI, Prima Yosephine, sebelumnya menegaskan bahwa imunisasi rutin lengkap adalah bagian integral dari upaya pemerintah untuk mencegah kematian dan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.

Pemerintah telah berkomitmen menyediakan 14 jenis antigen imunisasi gratis, termasuk vaksin PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine), vaksin RV (Rotavirus), dan vaksin HPV.

Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) sangat penting untuk mencegah penyakit pneumonia, terutama pada anak-anak dan orang lanjut usia.

Rotavirus Vaccine (RV) membantu melindungi anak-anak dari infeksi rotavirus, yang dapat menyebabkan diare parah.

Sedangkan Human Papillomavirus (HPV) Vaccine membantu mencegah kanker leher rahim, yang merupakan langkah penting dalam kesehatan perempuan.

Melalui langkah ini, orang tua berperan aktif dalam membentuk dasar kekebalan anak-anak, menciptakan lingkungan yang lebih aman, dan bersama-sama mendukung program imunisasi pemerintah demi kesehatan generasi masa depan.***

Demikian merupakan artikel mengenai Perlunya Melengkapi Vaksinasi Anak: Upaya Melindungi Masa Depan yang Cerah.

0 Komentar