Sumedang Daerah Penghasil Ikan Pepetek, Capai Hasil 1 Ton Lebih Dalam Semalam

Sumedang Daerah Penghasil Ikan Pepetek, Capai Hasil 1 Ton Lebih Dalam Semalam
Sumedang Daerah Penghasil Ikan Pepetek, Capai Hasil 1 Ton Lebih Dalam Semalam(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspresSumedang Daerah Penghasil Ikan Pepetek, Capai Hasil 1 Ton Lebih Dalam Semalam

Tidak sangka, Kabupaten Sumedang yang bisa dikatakan daerah yang tidak memiliki laut, namun Kabupaten Sumedang ternyata menjadi salah satu daerah penghasil ikan pepetek.

Ikan pepetek ini banyak ditemukan di bendungan Jatigede Sumedang. Dalam satu malam, Rudi Hadian, Kepala Bidang Perikanaan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, menyatakan bahwa jumlah tangkapan ikan pepetek di perairan Bendungan Jatigede dapat mencapai lebih dari 1 ton.

Baca Juga:Ratusan Petugas Perwakilan PPK dan PPS Se-Sumedang Rakit Kotak Suara Pemilu 2024Jabar Jadi Pemasok Daging Anjing, Ini Kata MUI Jabar

7 kelompok penangkap ikan pepetek di bendungan Jatigede secara rutin menangkap ikan pepetek yang hasilnya dijual ke bandar.

Dan ikan pepetek hasil tangkapan ini kebanyakan dikirim ke daerah Cirebon dan Cianjur. Permintaan ikan pepetek dari kedua daerah tersebut sebenarnya bisa lebih dari 1 ton, namun kemampuan kelompok untuk menangkap ikan saat ini masih terbatas.

Dengan adanya bendungan Jatigede ini dapat memberikan manfaat bagi penduduk setempat dimana ikan pepetek ini memiliki populasi yang cukup banyak dan menjadikan Sumedang daerah penghasil ikan pepetek.

Rudi menjelaskan lebih lanjut bahwa ikan pepetek memiliki habitat alami di perairan tawar, dan sejak lama ikan ini sudah ditemui di aliran sungai. Ketika Bendungan Jatigede terisi air, populasi ikan pepetek berkembang dengan cepat, menjadikannya salah satu target tangkapan yang signifikan bagi penduduk setempat.

Itulah informasi mengenai Sumedang daerah penghasil ikan pepetek yang mencapai 1 ton lebih dalam satu malam.

0 Komentar