Bagaimana Sejarah Jalan Cadas Pangeran Sumedang, Berikut Informasinya!

Bagaimana Sejarah Jalan Cadas Pangeran Sumedang, Berikut Informasinya!
Bagaimana Sejarah Jalan Cadas Pangeran Sumedang, Berikut Informasinya!
0 Komentar

sumedangekspres – Bagaimana Sejarah Jalan Cadas Pangeran Sumedang, Berikut Informasinya!

Jalan Cadas Pangeran merupakan salah satu Jalan yang berada di Kabupaten Sumedang. Jalan ini berada di sebuah perbukitan dan menempel ke dinding tebing yang curam.

Terdapat banyak pepohonan di atas dan di bawah jalan yang cukup rindang. Jalan ini juga banyak diceritakan masyarakat karena banyak kejadian-kejadian aneh yang menimpa para pengguna jalan ini.

Lalu bagaimana sejarah Jalan Cadas Pangeran ini, simak informasinya disini.

Jalan Cadas Pangeran dibangun pada tahun 1808 oleh kolonial belanda dengan pimpinan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Ia memiliki ambisi untuk membangun sebuah jalan yang bisa menghubungkan pulau Jawa di mulai dari Anyer sampai Panarukan.

Baca Juga:Mengenal Mahkota Binokasih Mahkota Padjajaran Yang Berada di SumedangRatusan Santri Sumedang Ikuti Camp Mitigasi Bencana

Pembangunan jalan tersebut dikerjakan oleh masyarakat Sumedang atas perintah Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels yang mempekerjakan masyarakat secara paksa.

Atas perbuatanya tersebut banyak pekerja yang tewas Karena kelaparan dan penyakit mamalia. Dan Bupati saat itu Pangeran Kornel melawan perbuatan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendel.

Dan saat itulah terjadi pertempuran antara Masyarakat Sumedang yang dipimpin oleh Pangeran Kornel dan Belanda yang di pimpin oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels.

Saat ini momennya diabadikan menjadi monumen yang sekarang disimpan di pintu masuk Jalan Cadas Pangeran (dari arah Bandung, menuju Sumedang).

Pangeran Kornel malah menerima jabatan tangan itu dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanannya hendak menghunus keris di pinggang bagian kanan. Ini yang membuat bangga, karena Pangeran Kornel tidak gentar meskipun yang dihadapinya saat itu merupakan Jenderal Belanda yang dikenal bengis.

Itulah informasi mengenai sejarah Jalan Cadas Pangeran  Sumedang, semoga bermanfaat.

0 Komentar