Kunjungan Delegasi Perdana Menteri Timor Leste di Istana Bogor

Kunjungan Delegasi Perdana Menteri Timor Leste di Istana Bogor
Kunjungan Delegasi Perdana Menteri Timor Leste di Istana Bogor(istimewa/Ig @jokowi)
0 Komentar

sumedangekspres – Kunjungan Delegasi Perdana Menteri Timor Leste di Istana Bogor

Kunjungan delegasi Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao yang diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat (26/1/2024).

Dilansir dari instagram resmi Presiden RI @jokowi, Prosesi penyambutan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor. PM Xanana Gusmao beserta delegasi tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat, 26 Januari 2024.

Kunjungan ini menunjukkan semakin kokohnya hubungan Indonesia dan Timor-Leste. Presiden sepakat mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara.

Baca Juga:Harga Emas Pegadaian Terkini 27 Januari 2024Gempa Kembali Mengguncang Sumedang, Berikut Laporan BMKG

Presiden juga menyambut baik reaktivasi Joint Border Committee (JBC) untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas.

Selain soal perbatasan, Perdana Menteri Timor Leste dan Presiden RI sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi. Serta menyambut komitmen pemerintah Timor-Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik, melalui perjanjian perlindungan investasi.

Pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua negara, termasuk nota kesepahaman dalam bidang pengembangan infrastruktur serta bidang komunikasi dan informatika.

Presiden sangat mengapresiasi kepercayaan Timor-Leste pada Indonesia dalam berbagai proyek, yang juga melalui BUMN, seperti pembangunan jalan di Oecusse serta perluasan Bandar Udara Internasional Dili.

Dalam konteks kerja sama regional, Indonesia berkomitmen terus mendukung keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN. Presiden sepakat untuk mendukung Keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi Five-Point Consensus.

0 Komentar