Tari Umbul Simbol Keharmonisan Sambut Kampanye

Tari Umbul Simbol Keharmonisan Sambut Kampanye
0 Komentar

sumedangekspres, Kampanye pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka disabut tari umbul dan juga senam bersama di Alun-alun Kota Sumedang, kemarin.

Sejak pagi hari ratusan para pendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden sudah memadati area di sekitar Alun-alun Kota Sumedang. Kampanye Pasangan Prabowo-Gibran di Sumedang idihadiri oleh calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Tari umbul sendiri merupakan kesenian tradisional milik kabupaten sumedang yang tenar pada masanya.

Baca Juga:Tidak Digaji, Puluhan Buruh DemoData Nasabah BPR Raib, Maling Gondol Komputer Bank

Para penari mengunakan aksesoris acamata hitam, kebaya, kain samping dan selendang beberapa gerakan tari umbul terdapat gerakan pencak silat yang bermakna bahwa perempuan harus bisa menjaga diri dengan ilmu bela diri, serta ada pula gerakan yang melambangkan sedang memetik tanaman yang bermakna sebagai tanda syukur atas hasil panen yang dicapai.

Beberapa gerakan tari umbul terdapat gerakan pencak silat yang bermakna bahwa perempuan harus bisa menjaga diri dengan ilmu bela diri serta ada pula gerakan yang melambangkan sedang memetik tanaman yang bermakna sebagai tanda syukur atas hasil panen yang dicapai. Menurut budayawan Sumedang yang bernama Tatang Soebana, tari umbul pertama kali dibawa oleh seniman bernama Kalsip yang berasal dari kota Indramayu kemudian dikembangkan oleh penari di kecamatan Paseh yang bernama Misren atau yang sering disebut Ma Jaer.

Tari umbul memiliki nilai dan makna sebagai ungkapan rasa kebersamaan antar individu dalam wujud harmonisasi rasa kebersamaan, serta kekompakan dalam bekerjasama, sehingga melekat sifat kasih sayang sesaama insan. (bbs)

0 Komentar