Disdukcapil Gencar Lakukan Perekaman E-KTP

LAKUKAN PEREKAMAN: Sejumlah warga saat melakukan perekaman e KTP jelang Pemilu 2024 yang hanya tinggal 10 hari lagi.
LAKUKAN PEREKAMAN: Sejumlah warga saat melakukan perekaman e KTP jelang Pemilu 2024 yang hanya tinggal 10 hari lagi.
0 Komentar

sumedangeskpres, KOTA – Jumlah blangko untuk pemilih pemula dipastikan dalam kondisi aman. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, Bambang Kustiantoro di ruang kerjanya, Senin (5/2).

Bambang menegaskan, jelang Pemilu 2024, pihaknya gencar melakukan perekaman data kependudukan untuk pemilih pemula tersebut.

“Jelang Pemilu 2024 tepatnya pada 14 Februari, kita itu tiap hari gencar melaksanakan perekaman. Sementara untuk ketersediaan blangko, Insya Allah kalau blangko tersedia, bisa terpenuhi sesuai dengan jumlah pemula yang direkam,” ujar Bambang.

Baca Juga:KPPS Jatimulya Siap Bertugas di Pemilu 20241.652 KPM Situ Dapat Bantuan Beras

Dikatakan, upaya percepatan perekaman untuk pemilih pemula salah satunya dengan melakukan jemput bola ke sekolah sekolah dan kecamatan.

“Ya, kita sudah melaksanakan perekaman baik itu secara jemput bola ke sekolah, ke kecamatan dan ke desa-desa langsung datang untuk melaksanakan perekaman ke lapangan, termasuk juga teman-teman yang ada di kecamatan. Para Camat dan petugas rekaman bergerak untuk melaksanakan secara jemput bola,” imbuhnya.

Disinggung surat keterangan (Suket) untuk pemilih pemula, yang belum memiliki KTP, menurutnya, hal tersebut ranah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Terkait Suket bagi pemilih pemula yang belum mempunyai KTP, saya kira itu KPU ranahnya. Kita hanya menyediakan saja. Kewenangannya tentang ketentuan pemilih namun tidak memiliki KTP ketentuannya ada di KPU. Kalau kami tentu melaporkan pendataan untuk persiapan terutama pemilih pemula ini saja,” pungkasnya. (bim)

0 Komentar