Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Pentingnya Pendekatan Komunikasi yang Bersahabat kepada Masyarakat

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Pentingnya Pendekatan Komunikasi yang Bersahabat kepada Masyarakat
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Pentingnya Pendekatan Komunikasi yang Bersahabat kepada Masyarakat
0 Komentar

Menurut Dr Aqua Dwipayana, peningkatan kemampuan komunikasi menjadi prioritas utama untuk memastikan personel dapat berinteraksi secara efektif baik dalam tugas sehari-hari maupun pada situasi darurat.

“Kemampuan komunikasi yang baik akan mendukung koordinasi antarunit di perairan dan udara, kolaborasi dengan instansi terkait, dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Oleh karena itu, pelatihan bagi setiap personel di lingkungan Korpolairud Baharkam Polri harus ditekankan pada pengembangan soft skill,” kata Dr Aqua Dwipayana yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas ini.

Pembicara yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di Indonesia maupun puluhan negara ini mengungkapkan aspek yang mesti ditekankan sebagai bagian dari kompetensi mendasar komunikasi bagi para personel Korpolairud Baharkam Polri. Mencakup peningkatan keterampilan berbicara di depan umum, menyimak secara efektif, serta pemahaman komunikasi non-verbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

Baca Juga:Bawaslu Kabupaten Sumedang Memantau Pendistribusian Logistik PemiluMasa Jabatan 99 Anggota BPD di 10 Desa Kecamatan Cimanggung Akan Berakhir

Selain itu, lanjut Dr Aqua Dwipayana, personel juga akan diberikan simulasi tugas yang mensimulasikan situasi darurat di perairan dan udara, di mana komunikasi yang tepat waktu dan jelas menjadi kunci keberhasilan operasi. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan responsibilitas dan koordinasi tim dalam setiap tugas yang diemban.

Diharapkan, ungkap pria yang hobi silaturahim ini, dengan peningkatan kemampuan komunikasi, personel Korpolairud Baharkam Polri dapat lebih efektif dalam melaksanakan tugasnya, baik itu saat penanggulangan kejahatan di perairan, penegakan hukum, maupun operasi penyelamatan. Program ini juga sejalan dengan komitmen Polri untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Melaksanakan Makna AIRUD
Pada bagian lain pesannya, Dr Aqua Dwipayana mendorong semua personel Korpolairud Baharkam Polri melaksanakan pesan dari Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Mohammad Yasin Kosasih, S.I.K., M.Si., M.Tr.Opsla., saat memimpin kegiatan “Commander Wish” pada Selasa 16 Januari 2024 lalu.

“Salah satu yang saya ingat adalah pesan Kakorpolairud agar seluruh personel dapat memahami dan melaksanakan “makna lain” dari AIRUD. Saya kira ini pesan yang sangat autentik dan terkait erat dengan keberadaan, peran, tugas, dan fungsi semua personel Korpolairud. Maka camkan dan laksanakan dengan sebaiknya,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

0 Komentar