Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Maag dan Gerd!

Ilustrasi sakit Maag/Gerd. Foto: pexels
Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Maag dan Gerd!
0 Komentar

sumedangekspres – Penyakit pencernaan seperti Maag dan Gerd (Gastroesophageal Reflux Disease) sering kali menjadi penyebab ketidaknyamanan bagi banyak orang hingga menganggu aktivitas. 

Meskipun keduanya sering dikaitkan dengan gejala yang mirip, keduanya sebenarnya adalah kondisi yang berbeda dengan penyebab dan perawatan yang berbeda pula.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari perbedaan antara Maag dan Gerd, gejala, penyebab, dan pengobatannya.

Apa itu Maag?

Baca Juga:7 Cara Hidup Sehat yang Gampang Banget Diterapin Sehari-hari!Jangan Salah! Ternyata Penyakit Asma Ada Jenisnya!

Maag adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada rasa tidak nyaman atau nyeri yang terjadi di perut bagian atas atau lambung, khususnya pada lapisan pelindungnya.

Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk luka pada lapisan dalam lambung akibat asam lambung yang berlebihan.

Melansir dari Instagram @pranadia.medika, gejala maag dapat bervariasi dari ringan hingga parah dan meliputi:

  • Nyeri atau sensasi terbakar di bagian atas perut
  • Mual dan muntah
  • Perut terasa kembung
  • Sering bersendawa

Penyebab maag dapat meliputi konsumsi makanan pedas, berlemak, atau asam, stres, infeksi bakteri Helicobacter pylori, dan penggunaan obat-obatan tertentu seperti NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid).

Apa itu Gerd?

Gerd adalah kondisi yang lebih serius yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan secara teratur, menyebabkan iritasi dan gejala tertentu.

Ini terjadi karena katup antara kerongkongan dan lambung, yang disebut sfingter esofagus bawah, tidak berfungsi dengan baik. 

Melansir dari Instagram @pranadia.medika, gejala umum Gerd meliputi:

  • Heartburn (sensasi terbakar di dada)
  • Regurgitasi (naiknya asam lambung ke kerongkongan)
  • Nyeri dada yang dapat disalahartikan sebagai serangan jantung batuk kronis
  • Sulit menelan.

Penyebab Gerd bisa bervariasi, tetapi faktor risiko meliputi obesitas, kebiasaan merokok, makan dalam porsi besar, makan makanan pedas, berlemak, atau asam, serta kehamilan.

Perbedaan Utama Antara Maag dan Gerd

1. Lokasi Gejala

Baca Juga:Inilah 10 Cara Mengatasi Stres dan Cemas BerlebihanTernyata Begini Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas!

Maag biasanya menyebabkan nyeri di perut bagian atas, sedangkan Gerd lebih sering menyebabkan sensasi terbakar di dada atau heartburn.

2. Frekuensi

Maag dapat terjadi sesekali, sementara Gerd adalah kondisi yang lebih kronis, sering terjadi lebih dari dua kali seminggu.

0 Komentar