Potensi Peternakan di Sumedang Menggali Peluang dan Menyelesaikan Ketergantungan

Potensi Peternakan di Sumedang Menggali Peluang dan Menyelesaikan Ketergantungan
Potensi Peternakan di Sumedang Menggali Peluang dan Menyelesaikan Ketergantungan(fotoby: laurepeeters)
0 Komentar

sumedangekspres – Potensi Peternakan di Sumedang Menggali Peluang dan Menyelesaikan Ketergantungan, Kabupaten Sumedang merupakan sebuah wilayah yang kaya akan potensi alam dan geografis yang mendukung, telah menjadi sorotan dalam upaya pengembangan sektor peternakan.

Dua sektor utama dalam peternakan, yaitu sapi potong dan ayam petelur, memiliki potensi yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan di wilayah ini.

Potensi Peternakan di Sumedang Menggali Peluang dan Menyelesaikan Ketergantungan

Mursjid Abdullah, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, menegaskan bahwa Sumedang secara geografis dan kontur sangat mendukung untuk usaha peternakan.

Baca Juga:Menikmati Keindahan Alam Sumedang melalui 3 Camping Ground yang MemikatViral Gelombang Netizen Serang Instagram PJ Bupati Sumedang Atas Kebobrokan Penanganan Banjir dan Jalan Rusak di Sumedang

Padang rumput yang luas dan cuaca yang relatif mendukung untuk usaha fattening menjadi faktor utama yang memungkinkan pengembangan sektor peternakan di daerah ini.

Potensi Sapi Potong: Menjawab Tantangan Pasokan Daging

Sapi potong menjadi salah satu komoditas unggulan dalam sektor peternakan Sumedang.

Dengan kebutuhan akan daging sapi yang masih mengandalkan impor di tingkat nasional, Sumedang memiliki peluang besar untuk memanfaatkan pasar lokal dan regional.

Saat ini, sebagian besar pasokan daging sapi di Jawa Barat dan Sumedang masih bergantung pada impor dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Populasi sapi potong di Sumedang mencapai sekitar 29 ribu ekor, namun masih terdapat potensi untuk peningkatan yang lebih lanjut, terutama dengan adanya areal yang luas untuk pengembangan pakan.

Peluang Pengembangan Ayam Petelur Membuka Pangsa Pasar Telur Lokal

Selain sapi potong, ayam petelur juga merupakan sektor potensial dalam peternakan Sumedang.

Dengan kebutuhan akan telur yang masih bergantung pada pasokan dari luar daerah, Sumedang memiliki peluang besar untuk memanfaatkan pangsa pasar lokal.

Baca Juga:Haji Umuh Muchtar Sambut Gibran Di Rumahnya Dengan Meriah Program Pemerintah KontinuitasFood Estate Sumedang Mengubah Tantangan Menjadi Peluang untuk Ketahanan Pangan

Mursjid menegaskan bahwa seluruh kecamatan di Sumedang memiliki potensi untuk pengembangan ayam petelur, dengan kebutuhan telur yang masih terbuka di wilayah tersebut.

Tantangan dan Dorongan Pengembangan Langkah Menuju Keberlanjutan

Meskipun potensi pengembangan peternakan di Sumedang sangat besar, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi, seperti perluasan areal pemeliharaan dan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap teknik pemeliharaan yang baik.

Namun pemerintah setempat terus mendorong dan memberikan dorongan kepada masyarakat untuk meningkatkan pemeliharaan sapi potong dan ayam petelur di wilayah Kabupaten Sumedang.

0 Komentar