Pj Bupati Sumedang Awasi Pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Cimanggung

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat berkujung kw TPS di sekitar Desa Sindapakuon Kecamatan Cimanggung.
Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat berkujung kw TPS di sekitar Desa Sindapakuon Kecamatan Cimanggung.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Herman Suryaman, bersama Forkopimda dan Pj Sekretaris Daerah melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 di Kecamatan Cimanggung, pada Rabu (14/2/2024).

Dalam upaya memastikan kelancaran proses pemilu, Pj Bupati menyatakan bahwa pemantauan ini bertujuan untuk memastikan partisipasi aktif dari penyelenggara pemilu dan peserta pemilu demi kesuksesan pemilu tahun 2024.

“Pada dasarnya, pelaksanaan pemilu di seluruh kecamatan di Kabupaten Sumedang berjalan lancar. Kami juga memastikan bahwa keamanan dan ketertiban terjaga dengan baik,” ujar Pj Bupati.

Baca Juga:Lawan Praktik Politik Uang pada Pemilu 2024Jelang Pemilu, Wilayah Darmaraja Kondusif

Selain memantau jalannya pemilu, Pj Bupati juga memberikan pesan kepada masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan bijak, menghindari penyebaran berita palsu (hoaks), serta tidak melakukan politisasi terhadap suku, agama, dan ras yang dapat mengganggu kerukunan dan memicu konflik.

“Masyarakat diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dengan partisipasi minimal mencapai 90 persen,” tambahnya.

Menjelang pemungutan suara, terdapat 26 Kecamatan, 270 desa, dan 7 kelurahan yang telah dipersiapkan untuk menjalani proses pemungutan suara. 

“Proses ini berlangsung dengan aman, transparan, akuntabel, dan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat, ” paparnya. 

Pj Bupati Sumedang menegaskan komitmennya untuk menjaga kelancaran dan kesuksesan pemilu tahun 2024. Dalam upayanya, Pj Bupati aktif terlibat dalam pemantauan pelaksanaan pemilu di setiap kecamatan, termasuk di Kecamatan Cimanggung.

“Dengan adanya pemantauan tersebut, diharapkan proses pemungutan suara dapat berjalan dengan baik dan adil serta mencerminkan kehendak rakyat secara demokratis, ” pungkasnya.

Pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu juga melibatkan sinergi antara Pj Bupati Sumedang, Forkopimda, dan Pj Sekretaris Daerah. Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam memastikan bahwa pemilu berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga:Sehari Jelang Pemungutan Suara, APK Relatif Bersih di Sumedang SelatanPompa Terdampak Banjir, Perumda Tirta Medal Gercep Melakukan Perbaikan

Selain mengawasi proses pemilu, Pj Bupati juga menyampaikan harapannya terhadap peningkatan partisipasi pemilih. Dengan melibatkan lebih banyak warga dalam proses pemilihan, diharapkan legitimasi hasil pemilu akan semakin kuat dan mewakili kehendak masyarakat secara lebih baik.

Pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam pemilu disoroti oleh Pj Bupati. Melalui partisipasi yang tinggi, masyarakat dapat mengukuhkan demokrasi dan memberikan mandat kepada pemimpin yang dipilih secara sah dan melegitimasi.

0 Komentar