Mengulas Sebuah Kisah Sejarah Gunung Tangkuban Perahu, Ternyata Gunung Tangkuban Perahu Itu Tidak Ada

Mengulas Sebuah Kisah Sejarah Gunung Tangkuban Perahu, Ternyata Gunung Tangkuban Perahu Itu Tidak Ada
Mengulas Sebuah Kisah Sejarah Gunung Tangkuban Perahu, Ternyata Gunung Tangkuban Perahu Itu Tidak Ada(foto by : dwilestariyuniawati.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Mengulas Sebuah Kisah Sejarah Gunung Tangkuban Perahu, Ternyata Gunung Tangkuban Perahu Itu Tidak Ada, Sejarah gunung tangkuban perahu gabisa jauh dari legenda Sangkuriang.

Legenda ini memiliki alur cerita yang mengisahkan terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu yang sangat popular di Jawa Barat.

Legenda Sangkuriang ini yang aslinya merupakan sebuah tradisi lisan.

Ada juga yang merujuk pada kisah perjalanan bujangga manik yang ditulis pada daun lontar di abad ke 15.

Maka bagaimana sih cerita Sejarah Gunung Tangkuban Perahu?

Baca Juga:4 Rekomendasi Tempat Gelato di Jogja Ala Italia Vibes NusantaraMarfuah Sulitnya Menggapai Dunia Perfilman, Namun Sulit Diraih Kalau Tidak Ada Ordal

Menurut berbagai sumber cerita yang berkembang di tengah masyarakat ini Gunung Tangkuban Perahu muncul dari sosok perahu yang di tending Sangkuriang.

Perahu ini merupakan salah satu syarat dari Dayang Sumbi kepada Sangkuriang jika ingin menikahinya.

Setelah Dayang Sumbi tahu kalua sangkuriang ternyata merupakan sosok anaknya sendiri.

Ia ini mengajukan beberapa syarat yang di luar nalar akal manusia dengan meminta Sangkuriang membuat perahu serta membendung Sungai Citarum hanya dengan jangka waktu satu malam saja.

Sangkuriang ini mengatakan sanggup terhadap syarat yang di katakana oleh Dayang sumbi dan meminta bantuan kepada para mahluk gaib.

Akhirnya syarat yang diberikan kepada Sangkuriang ini mulai terpenuhi.

Dengan melihat yang terjadi dan karena Dayang Sumbi tidak mau menikah dengan Sangkuriang.

Apalagi Sangkuriang ini merupakan seorang anak dari Dayang Sumbi akhirnya meminta bantuan kepada masyarakat untuk membuat waktu yang pada saat itu masih malam menjadi seolah-oleh jadi pagi hari.

Nah hal tersebut membuat Sangkuriang merasa dicurangi oleh Dayang Sumbi.

Baca Juga:Menarik Kesan Balik Layar Mencari Kesejahteraan di Industri FilmSaking Kompaknya Sri Mulyani, Basuki, dan Retno Berbaju Hitam di TPS

Sangkuriang pun marah ia menendang perahu itu dan terbalik yang kemudian berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Menurut Geologi Sejarah Gunung Tangkuban Perahu

Suatu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam sebuah buku yang memiliki judul Sejarah Daerah Jawa Barat yang menjelaskan bahwa berapa pluh ribu tahun yang lalu di sebelah utara kota Bandung ini yang lebih tepatnya di Kawasan yang sekarang adanya Gunung Tangkuban Perahu ini merupakan gunung api besar alias raksasa Bernama Gunung Sunda.

Gunung Sunda ini memiliki tinggi mencapai 4.000 -/+ meter diatas permukaan laut.

0 Komentar