Bahaya Body Bleaching yang Harus Anda Ketahui!

Bahaya Body Bleaching yang Harus Anda Ketahui!
Bahaya Body Bleaching yang Harus Anda Ketahui! (capture/youtube/dr. Richard Lee, MARS)
0 Komentar

sumedangekspres – Body Bleaching atau belahing badan merupakan proses penggunaan produk pemutih yang ditujukan untuk memutihkan kulit dan area tubuh yang gelap.

Umumnya dilakukan dengan menggunakan produk pemutih kulit misalnya krim, sabun, lotion, atau larutan peeling pada kulit.

Semua jenis produk untuk bleaching badan umumnya mengandung hydroquinone, yaitu salah satu jenis kortikosteroid yang bisa memutihkan badan.

Baca Juga:Hasil Real Count KPU Pemilu 2024 DPRD Kota/Kabupaten Sumedang7 Produk Moisturizer yang Direkomendasikan oleh Dokter Kulit

Dengan anggapan memiliki kulit putih atau cerah merupakan kulit yang cantik.

Anggapan tersebut menjadikan bleaching badan adalah salah satu cara yang efektif untuk memperoleh warna kulit yang cerah.

Adapun tujuan bleaching badan yakni diantaranya:

  • Menyamarkan bekas jerawat
  • Meratakan warna kulit
  • Mengurangi tampilan bercak kecoklatan
  • Menyamarkan flek hitam di kulit
  • Mencerahkan area kulit yang gelap akibat peradangan setelah eksim

Dilansir dari laman resmi website klikdokter, tentunya jika anda melakukan bleaching badan adapun resiko yang harus anda ketahui, agar bisa waspada terhadap produk apa saja yang digunakan, diantaranya:

1. Jerawat Steroid

Dengan adanya kandungan kortikosteroid yang ada di dalam krim pemutih, dapat menimbulkan jerawat steroid.

Yang biasanya akan muncul di bagian wajah atau punggung. Namun jerawat steroid Sebagian besar akan muncul di bagian dada, punggung, lengan, dna bagian tubuh lainnya.

Apalagi jika anda menggunakan krim pemutih tersebut dalam jangka waktu yang Panjang.

2. Keracunan Merkuri

Biasanya dalam beberapa produk pemutih atau body bleaching sering ditambahkan ke dalam produk pencerah kulit bertujuan untuk membantu menghambat pembentukan melanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna alami pada kulti seseorang.

Baca Juga:Diet Kolesterol Menjadi Kunci Hidup Sehat dengan Mengelola Kadar KolesterolWaduh! Suami Pukul Istri Karena Beda Pilihan di Pilpres 2024

Namun sayangnya merkuri merupakan salah satu bahan berbahaya yang tentunya dapat merusak Kesehatan kulit.

3. Dermatitis Kontak

Peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu yang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Gejala yang kemungkinan dialami yakni, kulit kering hingga bersisik, bengkak, gatal, kulit kemerahan, dan juga munculnya rasa terbakar.

4. Iritasi Kulit

Body bleaching memiliki efek samping iritasi pada kulit. Dengan gejala yang bisa dialami yakni gatal, perih, dan juga kulit kemerahan.

5. Okronosis

Efek samping lainnya jika anda melakukan bleaching badan yakni terkena Okronosis yang merupakan gangguan pigmentasi kulit berupa flek warna biru-hitam atau abu-abu-biru pada kulit.

0 Komentar