Apa Saja Menu Makan Siang Gratis Prabowo? Simak 4 Fakta Tentang Program Tersebut: Menu, Anggaran, Penerima dan

Apa Saja Menu Makan Siang Gratis Prabowo? Simak 4 Fakta Tentang Program Tersebut: Menu, Anggaran, Penerima dan
Apa Saja Menu Makan Siang Gratis Prabowo? Simak 4 Fakta Tentang Program Tersebut (ist/klikdokter)
0 Komentar

sumedangekspres – Menu makan siang gratis pada program Prabowo mulai ditanyakan oleh masyarakat, ini dia 4 fakta mengenai program tersebut.

Program makan siang yang diusulkan oleh calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah disiapkan oleh Pemerintah.

Adapun pelaksanaan program ini akan dimulai pada tahun 2025 mendatang dengan membaginya menjadi sejumlah tahapan, entah itu penerima program maupun daerah yang mendapatkan dampak program tersebut.

Baca Juga:Pangkat Istimewa Prabowo Dianggap Transaksi Politik, Ini Tanggapan JokowiPantas Diidamkan, Ternyata Segini Gaji Karyawan KAI Wisata

Di bawah ini adalah fakta dari dari program makan siang gratis yang digagas oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Fakta Program Makan Siang Gratis

1. Menu

Anggota Dewan Pakar TKN Drajad Wibowo menyebutan bahwa hingga saat ini menu makan siang gratis yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 itu belum dibahas secara mendalam.

Walaupun demikian, dirinya mengusulkan supaya pemerintah pusat hanya menyediakan anggarannya saja.

Terkait dengan menu makannya akan diserahkan kepada pemerintah daerahnya masing-masing.

Drajad menerangkan, pemerintah pusat memberikan anggaran kepada pemerintah daerah untuk menjalankan program makan siang gratis.

Setelahnya, pemerintah daerah akan berkomunikasi dengan setiap sekolah untuk memutuska menu makanan apa saja yang akan dihidangkan pada program ini.

Setiap sekolah harus menentukan menu makanannya sendiri bagi siswanya.

 

2. Tahapan

Mengenai tahapan program ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan untuk tahapan awal program makan siang gratis akan ditargetkan kepada balita serta ibu hamil di sejumlah daerah.

Sedangkan makan siang gratis kepada siswa-siswi merupakan perluasan dari program tersebut.

Baca Juga:Recruitment KAI Wisata 2024: Posisi yang Selalu Dibutuhkan, Gaji, Syarat dan Deskripsi Pekerjaan di KAI WisataNonton Film Gratis di Gudang Filmapik, Full HD dan Akses Mudah: Apakah Aman?

Program ini akan lebih dikhususkan kepada daerah yang masih memiliki tingkat stunting yang tinggi.

“Sesudah ini bisa dilaksanakan tahun depan sesuai dengan tahapan-tahapan yang tadi saya sampaikan,” ucap Airlangga, dikutip Rabu (28/2/2024). 

Airlangga menyebutkan bahwa pemerintah juga telah menetapkan anggaran untuk program ini adalah Rp 15.000/anak.

Sedangkan Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menyebutkan, program tersebut akan didesain menjadi tiga skenario.

Adapun skenario tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Makan siang khusus anak sekolah
  2. Makan siang gratis untuk ibu hamil
  3. Makan siang gratis untuk balita.
0 Komentar