Meneropong Poros Pilkada 2024

Pengamat Demokrasi, Ade Sunarya.
Pengamat Demokrasi, Ade Sunarya.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Berdasarkan input data real count KPU sementara diprediksi komposisi raihan kursi DPRD Sumedang periode 2024-2029 yaitu, Golkar berpeluang meraih 10 kursi, PDIP 8 kursi, Gerindra 7 kursi, PPP 7 kursi, PKS 7 kursi, PKB 6 kursi, PAN 4 kursi dan Demokrat 1 kursi. Hal tersebut dikatakan Pengamat Demokrasi, Ade Sunarya.

Menurutnya, berkenaan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumedang 2024 bahwa partai politik atau gabungan partai politik untuk dapat mendaftarkan pasangan calon paling sedikit memiliki 10 kursi. 

“Memperhatikan prediksi komposisi raihan kursi maka hanya 1 partai (Golkar) saja yang dapat mendaftarkan pasangan calon tanpa bergabung dengan partai lain,” kata Ade kepada Sumeks, Kamis (29/2). 

Baca Juga:Tanah Bergerak Rumah Warga Retak, Amblas Sepanjang 100 Meter, Kedalaman SemeterPolisi Bekuk Konplotan Pencuri Traktor

Kini, lanjut dia, sudah santer bakal calon yang telah memperkenalkan diri di publik untuk maju dalam Pilkada Sumedang yaitu Donny Ahmad Munir (PPP) dan Erwan Setiawan (Golkar). 

“Beberapa partai pun diprediksi bakal mengusung kader terbaiknya. Di antaranya, PDIP mengusung Irwansyah Putra, Gerindra mengusung Heri Ukasah dan tidak menutup kemungkinan partai lain pun mengusung tokoh dari internal maupun eksternal partai,” jelasnya. 

Dikatakan, adapun poros koalisi Pilpres 2024 dapat dijadikan acuan dalam memprediksi poros koalisi Pilkada Sumedang, maka dalam Pilkada Sumedang diprediksi muncul 3 poros gabungan partai yang bakal mengusung pasangan calon yaitu, Pertama, Dony Ahmad Munir dan Irwansyah Putra diusung PPP (7 kursi) dan PDIP (8 kursi). 

Kedua, lanjut dia, Erwan Setiawan dan Heri Ukasah diusung Golkar (10 kursi) dan Gerindra (7 kursi) ditambah PAN (4 kursi) dan Demokrat (1 kursi). Ketiga, pasangan yang diusung oleh gabungan PKS (7 kursi) dan PKB (6 kursi). 

“Pasangan calon yang bakal diusung oleh poros PKS dan PKB masih menjadi teka-teki, yang belum terpecahkann dan tentunya poros ini sangat menarik perhatian publik,” tutupnya. (bim)

0 Komentar