Sambut Ramadan, MUI dan Pemprov Jabar Gelar Istighosah Kubro di Depan Gedung Sate Bandung

Sambut Ramadan, MUI dan Pemprov Jabar Gelar Istighosah Kubro di Depan Gedung Sate Bandung
Sambut Ramadan, MUI dan Pemprov Jabar Gelar Istighosah Kubro di Depan Gedung Sate Bandung
0 Komentar

sumedangekspres – BANDUNG – Puluhan ribu masyarakat yang tergabung ke dalam berbagai Majelis Ta’lim hingga Organisasi Masyarakat (ormas Islam) di Jawa Barat (Jabar), Sabtu, 9 Maret 2024 menggelar kegiatan Istighosah Kubro di Jalan Diponegoro, tepatnya di depan Gedung Sate.

Kegiatan istighosah yang diselenggarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ini, dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari.

Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar menyatakan, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh berbagai tokoh agama, masyatakat hingga pimpinan MUI se- Jabar.

Baca Juga:Hadiri BRI Microfinance Outlook 2024, Menkop UKM Teten Masduki Puji Inovasi Pembiayaan UMKM Yang Dilakukan BRI20 Pantun Sunda Gombal Untuk Cewek Dijamin Bikin Baper dan Salting

“Alhamdulillah kegiatan ini mendapat dukungan dari hasil kolaborasi kami dengan pemprov dan Kanwil Kemenag dengan forkompinda. Nah tujuan kami menyelenggarakan kegiatan Istighosah ini, pertama ini momentumnya akan menghadapi bulan suci Ramadan, jadi sudah menjadi tradisi di lingkungan MUI ada kegiatan menyambut Ramadan istilah yang populer adalah tarhib Ramadan,” katanya disela-sela kegiatan.

Rafani menjelaskan, Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Oleh karena itu, kata dia dengan adanya Istighosah ini, berharap pada saat pelaksanaan ibadah Ramadan nanti, masyarakat dapat menjalankannya secara khusyu.

“Kita tahu Ramadan kan bulan yang penuh berkah, jadi tentu saja kita mengharapkan keberkahan pada bulan Ramadan nanti sehingga kita mendapatkan apa kemuliaan, dan pada waktunya nanti, itu bisa berjalan dengan tenang, tentram masyarakat bisa secara khusyu beribadah,” ucapnya.

Selain doa bersama, dalam acara Istighosah ini juga kata Rafani, menyedikan berbagai kegiatan lainnya seperti bazar, hingga sembako murah. “Mudah-mudahan dengan kegiatannya ini selain berdoa, dapat memberikan manfaat juga untuk masyarakat,” imbuhnya.

Sebagai Informasi, kegiatan istighosah ini dipimpin langsung oleh kiai dan ulama yang sudah dipilih oleh MUI. Kemudian, akan ada penyampaian tausiah oleh Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (san)

0 Komentar