9 Panduan Amalan dan Keutamaan di Bulan Suci Ramadhan

9 Panduan Amalan dan Keutamaan di Bulan Suci Ramadhan
9 Panduan Amalan dan Keutamaan di Bulan Suci Ramadhan (ist/Shutterstock.com)
0 Komentar

sumedangekspres – 9 Panduan Amalan dan Keutamaan di Bulan Suci Ramadhan.

Bulan Ramadhan, sebagai bulan yang istimewa bagi umat Islam, memiliki signifikansi yang mendalam dalam kehidupan umat Muslim.

Dalam bulan suci ini, banyak orang berlomba-lomba melakukan amalan-amalan baik dengan harapan mendapatkan kebaikan dan pahala dari Allah SWT.

Keagungan bulan Ramadhan ini juga memberikan dorongan kepada umat Islam untuk memperbanyak amalan, baik yang bersifat wajib maupun sunnah, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga:50 Ucapan Menyambut Ramadhan 2024Sidang Isbat 2024: Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan, Bagaimana Hasilnya?

Rasulullah SAW, dalam hadisnya, mengajarkan pentingnya mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan kebajikan, terutama di dalam bulan Ramadhan.

Beliau bersabda, “Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (amal sunnah) di dalamnya (Ramadhan) samalah ia dengan orang yang menunaikan suatu ibadah wajib di bulan yang lain. Dan barang siapa yang menunaikan suatu amalan wajib di dalamnya samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh amalan wajib di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga.” (HR Ibnu Khuzaimah)

9 Amalan Di Bulan Ramadhan

Beberapa amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan untuk menambah pahala antara lain:

1. Membaca Al Quran:Membaca Al Quran dan berusaha mengkhatamkannya dalam satu bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW pernah menyarankan untuk membacanya sekali dalam sebulan. (HR Bukhari)

 

2. Ibadah Malam:Melaksanakan ibadah malam seperti sholat tahajud, tadarus Al Quran, berzikir, hingga berdoa di bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT.” (HR Bukhari & Muslim)

 

3. Beribadah di Malam Lailatul Qadar:Menyambut Lailatul Qadar dengan berbagai amalan, seperti iktikaf, doa, sholat, membaca Al Quran, dan zikir, dapat mendatangkan ampunan dari Allah. Nabi SAW menuturkan, “Barang siapa yang bangun di malam Lailatul Qadar dengan iman dan harapan, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lampau.” (HR Bukhari Muslim)

0 Komentar