Haruskah Mandi Wajib Sebelum Puasa? Ini Hukumnya

Haruskah Mandi Wajib Sebelum Puasa? Ini Hukumnya
Haruskah Mandi Wajib Sebelum Puasa? Ini Hukumnya/iStock
0 Komentar

sumedangekspres – Besok umat Muslim akan memasuki bulan suci Ramadan, di mana puasa menjadi kewajiban bagi mereka yang mampu melakukannya.

Sebelum memasuki bulan Ramadan, seringkali muncul pertanyaan mengenai keharusan untuk mandi wajib sebelum memulai ibadah puasa.

 Sebagian beranggapan bahwa mandi wajib merupakan persyaratan yang harus dipenuhi, namun sebenarnya, hukumnya tidaklah demikian.

Baca Juga:7 Resep Simple Menu Sahur Supaya Kuat Sepanjang HariYuk Mengenal Sidang Isbat, Penentu Bulan Ramadan 2024

Menurut kutipan dari NU Online, mandi wajib sebelum puasa Ramadan tidak termasuk dalam kategori hal yang wajib dilakukan.

Mandi wajib hanya diharuskan bagi mereka yang berada dalam keadaan berhadats besar dan hendak melakukan ibadah.

Hal ini dijelaskan dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri, di mana mandi sebelum puasa termasuk dalam mandi sunnah, bukan mandi wajib.

Dalam menjelaskan anjuran mandi sunnah sebelum bulan Ramadan, kitab tersebut menyebutkan bahwa membersihkan badan pada malam bulan Ramadan termasuk dalam mandi sunnah.

Namun, hal ini tidak diikatkan pada orang yang hendak menghadiri shalat berjemaah.

Dengan demikian, mandi wajib sebelum bulan puasa bukanlah sesuatu yang harus dilakukan, namun terdapat anjuran untuk menjalankan mandi sunnah pada malam-malam Ramadan.

Bagi yang ingin menjalankan mandi sunnah sebelum puasa Ramadan, niat yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

Baca Juga:Hilal Itu Apa Artinya? Yuk Cek!Begini Cara Minum Air Putih Saat Puasa yang Benar

“Nawaitu adâ’al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’âlâ.”

Artinya: “Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala.”

Selain mandi sebelum puasa, terdapat pula beberapa mandi sunnah lainnya yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Antara lain adalah mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, mandi ketika ihram untuk haji atau umrah, mandi ketika masuk ke kota suci Mekkah, mandi setelah sadar dari pingsan, mandi sebelum berhubungan intim dengan istri, mandi setiap kali sholat bagi wanita yang sedang mengeluarkan darah akibat sakit, mandi setelah memandikan mayit, serta beberapa situasi lainnya seperti orang yang baru masuk Islam atau sadar dari pingsan atau penyakit jiwa.

0 Komentar