Buka Puasa Dulu atau Sholat Dulu Ya? Ini yang Tepat!

Buka Puasa Dulu atau Sholat Dulu Ya? Ini yang Tepat!
Buka Puasa Dulu atau Sholat Dulu Ya? Ini yang Tepat!/iStock
0 Komentar

sumedangekspres – Buka puasa dulu atau sholat dulu ya? 

Ketika waktu berbuka puasa telah tiba, banyak dari kita merasakan kegugupan karena antara ingin segera menyantap hidangan lezat dan menunaikan ibadah salat Maghrib.

Dalam ajaran Islam, Nabi Muhammad SAW telah memberikan petunjuk yang jelas tentang prioritas dalam situasi seperti ini.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya agar berkonsentrasi saat beribadah.

 Sehingga ketika seorang muslim dihadapkan antara ibadah dan kebutuhan pokok (makan), maka mendahulukan makan.

Baca Juga:Kapan Waktu Imsak yang Sebenarnya?Begini Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh

 Ini bukanlah bentuk menyepelekan ibadah, tetapi justru sebagai upaya untuk memastikan bahwa ibadah dilakukan dengan khusyuk dan tanpa gangguan pikiran akan kebutuhan materi.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada sholat ketika makanan telah dihidangkan, begitu pula tidak ada sholat bagi yang menahan ingin kencing atau buang air besar.” Hadits ini menggarisbawahi pentingnya fokus dan kesadaran dalam beribadah.

Sebelum melaksanakan salat, menjadi lebih baik untuk memastikan bahwa kebutuhan fisik telah terpenuhi, seperti berbuka puasa atau menunaikan hajat kecil.

Dengan demikian, bukan berarti salat menjadi tidak penting. Sebaliknya, salat tetap merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan khusyuk.

 Namun, dalam situasi tertentu di mana ada konflik antara ibadah dan kebutuhan materi, Islam memberikan petunjuk yang bijaksana untuk mengutamakan kebutuhan dasar manusia.

Oleh karena itu, saat berbuka puasa, selayangkanlah waktu untuk menikmati hidangan dengan syukur atas karunia Allah SWT.

Setelah itu, kita bisa dengan tenang melanjutkan untuk menunaikan salat, tanpa disibukkan oleh pikiran tentang makanan yang ada di meja.

Baca Juga:Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Begini yang Sebenarnya!Apakah Pikiran Kotor dapat Membatalkan Puasa?

Dengan memahami prioritas dalam ibadah, kita dapat mengembangkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan manfaat yang lebih dalam.

Semoga kita selalu diberikan petunjuk oleh Allah SWT dalam setiap langkah kita dalam menjalani kehidupan ini. Aamiin.

Demikian artikel tentang buka puasa dulu atau sholat dulu.

0 Komentar