Mengenal Jenis-jenis Katarak dan Bahayanya

Mengenal Jenis-jenis Katarak dan Bahayanya
Mengenal Jenis-jenis Katarak dan Bahayanya (Sumber: ilustrasi/pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Katarak adalah kondisi medis yang sering kali dikaitkan dengan lanjut usia.

Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa ada berbagai jenis katarak yang dapat menyerang siapa pun, tidak terkecuali anak-anak.

Meskipun tidak mengancam nyawa, semua jenis katarak memiliki potensi untuk membahayakan penderita dan orang-orang di sekitarnya.

 

Mari kita jelajahi jenis-jenis katarak yang perlu Anda ketahui:

1. Katarak Bawaan atau Kongenital

Baca Juga:Bukan Hanya Masalah Orang Dewasa, Ternyata Katarak juga Bisa Menyerang BayiManfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Katarak jenis ini terjadi saat bayi lahir atau pada masa awal kehidupan.

Hal ini bisa menjadi masalah serius dan membutuhkan penanganan medis yang cepat yang biasanya paling sering berkaitan dengan penyakit infeksi saat kehamilan.

2. Katarak Polikromatik atau Pohon Natal

Dikenal dengan nama yang unik, katarak ini disebabkan oleh penumpukan pigmen pada lensa mata, memberikan tampilan yang mirip dengan cabang-cabang pohon Natal.

Adapun menurut beberapa penelitian tentang jenis katarak ini disebabkan oleh kolesterol.

3. Katarak Nuklear Sklerosis

Katarak ini terjadi ketika bagian inti atau nukleus lensa menjadi lebih padat dan keras. Gejala biasanya termasuk penglihatan kabur atau penglihatan yang berkurang secara bertahap.

4. Katarak Posterior Subkapsular  

Katarak jenis ini terbentuk di bagian belakang lensa mata, biasanya lebih sering terjadi pada orang muda dan dapat berkembang dengan cepat.

Adapun orang yang mengkonsumsi steroid lebih beresiko mengalami masalah penglihatan ini.

5. Katarak Kortikal

Baca Juga:Resep Membuat Kopi Fat Burner yang Bisa Anda Coba di Rumah4 Jenis Kopi Ini Disebut Dapat Membantu Sukseskan Diet Anda

Katarak ini terbentuk di sekitar korteks lensa, bagian yang mengelilingi nukleus. Gejalanya bisa meliputi pandangan berbayang dan kesulitan melihat di bawah cahaya terang.

6. Katarak Morgagni

Ini adalah jenis katarak langka yang biasanya terjadi pada orang yang lebih tua. Lensa mata menjadi berbentuk seperti bunga matahari yang mekar.

Katarak jenis ini dipengaruhi oleh bertambahnya usia dan paparan akibat sinar matahari.

7. Katarak Diabetes

Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan katarak. Katarak ini dapat berkembang lebih cepat dan lebih parah pada penderita diabetes.

8. Katarak Traumatik

Seperti namanya, katarak ini disebabkan oleh cedera pada mata. Cedera bisa berasal dari berbagai hal, seperti kecelakaan atau aktivitas olahraga yang keras.

0 Komentar