Pemdaprov Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik

Pemdaprov Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik
Pemdaprov Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik (pinterest/Ulfa Fajri)
0 Komentar

sumedangekspres – Pemdaprov Jabar memitigasi bencana akibat cuaca ekstrem saat mudik Labaran. Masyarakat diimbau mewaspadai banjir, longsor, dan angin puting beliung dan membekali diri dengan informasi yang cukup saat berperjalanan.  

 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jabar A. Koswara, cuaca ekstrem masih berpotensi muncul di Jabar pada saat arus mudik H-10 dan arus balik H+5. Untuk itu, Dishub akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR). 

 

Melalui koordinasi antarlembaga yang intens, Dishub bisa cepat memutuskan untuk melakukan pengalihan lalu lintas jika misalnya terjadi banjir atau longsor yang menghambat pemudik. 

 

Baca Juga:Kinerja MUJ Tahun 2023 Beri Dividen untuk Pembangunan Jawa BaratBey Machmudin Bayar Zakat via Baznas

“Yang kita utamakan keselamatan masyarakat,” ujar Koswara usai Rapat Koordinasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi dalam Rangka Arus Mudik Lebaran di Gedung Sate, Bandung, Selasa (26/3/2024).

 

Menurut Koswara, Dishub memperhitungkan semua langkah untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik, termasuk menjauhkan pemudik dari titik bencana. 

 

“Pihak yang tahu titik-titik rawan bencana detailnya _kan_ DBMPR, mereka akan menginformasikan kepada kami sebagai pengguna jalan untuk memberikan peringatan, misalnya dengan rambu tambahan,” jelas Koswara. 

 

Dishub Jabar juga akan menerjunkan personel untuk pengamanan dan mengatur lalu lintas bekerja sama dengan polisi, baik yang siaga di posko gabungan maupun yang bergerak.

 

“Kita siapkan 127 posko gabungan dengan dishub kabupaten kota, yang tersebar di seluruh jalur Jabar, terutama di titik-titik potensi kemacetan,” pungkasnya.

0 Komentar