Beda Sistem Penanggalan, Ratusan Jemaah Aolia Gunung Kidul Lebaran Hari Ini

Beda Sistem Penanggalan, Ratusan Jemaah Aolia Gunung Kidul Lebaran Hari Ini
Beda Sistem Penanggalan, Ratusan Jemaah Aolia Gunung Kidul Lebaran Hari Ini(foto instagram : @detikcom)
0 Komentar

sumedangekspres – Beda Sistem Penanggalan, Ratusan Jemaah Aolia Gunung Kidul Lebaran Hari Ini

Sejumlah kelompok umat Muslim Aolia di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan lebaran atau solat Idul fitri 1445 H pada hari ini, Jumat 5 April 2024.

Pelaksanaan hari Raya Idul Fitri ini berbeda cukup jauh dengan waktu pelaksanaan versi pemerintah yang kemungkinan akan jatuh pada 10-11 April 2024.

Baca Juga:Cara Membuat Amplop Lebaran yang Mudah dan Menarik: Berbagi di Momen Lebaran5 Merk Sandal Pria Paling Elegan: Tampil Keren Pada Saat Lebaran

Pelaksanaan solat Idul Fitri jemaah Aolia ini dilakukan disejumlah titik di Kabupaten Gunung Kidul.

Beberapa di antaranya yakni Masjid Aolia dan kediaman pimpinan Jemaah Masjid Aolia Raden Ibnu Hajar Pranolo di Dusun Panggang III, Giriharjo, dikutip dari CNN Indonesia, 5 April 2024.

Ratusan jemaah Masjid Aolia sudah memenuhi kedua masjid tersebut sejak pukul 06.00 untuk melaksanakan solat Idul Fitri berjamaah.

Sebagai informasi, pada lebaran tahun lalu jemaah Masjid Aolia ini juga melaksanakan solat Idul Fitri lebih awal, yaitu pada 20 April 2023 sedangkan pemerintah sudah menetapkan pada 21-22 April 2024, dengan demikian perbedaannya tidak cukup jauh.

Dan untuk penetapan awal puasa, jemaah Aolia ini sudah memulai puasa pada 7 Maret 2024 lalu.(*)

 

 

0 Komentar