Perang Iran dan Israel Makin Panas, Ini Daftar Sekutu Israel dan Iran!

Perang Iran dan Israel Makin Panas, Ini Daftar Sekutu Israel dan Iran!
Perang Iran dan Israel Makin Panas, Ini Daftar Sekutu Israel dan Iran! (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Perang Iran dan Israel Makin Panas, Ini Daftar Sekutu Israel dan Iran!

Situasi konflik antara Iran dan Israel berpotensi memicu respons dari sekutu keduanya.

Siapa saja yang kemungkinan akan terlibat? Iran memiliki dukungan utama dari milisi Syiah di Lebanon, Irak, Suriah, dan Yaman, yang diberikan berbagai bentuk dukungan seperti finansial, persenjataan, dan pelatihan.

Hizbullah Lebanon adalah kekuatan utama yang berperan dalam konflik ini.

Baca Juga:Netanyahu Siapkan Aksi 'Balas Dendam' ke Iran, Minta Israel Buat Daftar Target SeranganAlasan AS Tolak Ikut Campur dalam Konflik Iran-Israel

Mereka telah terlibat dalam berbagai pertempuran dengan Israel dan secara teratur melancarkan serangan rudal, mortir, dan roket ke wilayah Israel utara sejak pecahnya perang pada Oktober yang melibatkan Israel dan Hamas, kelompok militan Palestina yang didukung oleh Iran.

Menurut informasi intelijen yang diperoleh oleh Israel, gudang senjata Hizbullah dilaporkan memiliki lebih dari 70.000 rudal dan roket, termasuk di antaranya rudal jarak jauh dan rudal yang dilengkapi dengan sistem pandu presisi.

Sementara itu, di Suriah, satu-satunya sekutu Iran yang berbentuk negara di Timur Tengah, pemerintahan Presiden Bashar al-Assad sedang berjuang untuk menguasai seluruh negeri setelah mengalami perang saudara sejak 2011.

Karena situasinya yang belum stabil, kemungkinan bantuan dari pihak Suriah terhadap Iran akan terbatas.

Di tingkat hubungan internasional, Iran memiliki hubungan yang relatif baik dengan Rusia di Eropa.

Namun, konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina kemungkinan akan membatasi kemampuan Rusia untuk memberikan dukungan lebih lanjut kepada Iran.

Di Asia, Iran juga memiliki hubungan dekat dengan China.

Sementara itu, Israel memiliki dukungan kuat dari Amerika Serikat.

AS telah meningkatkan pengiriman amunisi ke Israel untuk membantu negara itu dalam konfliknya dengan Hamas.

Baca Juga:Link Download Rege FF Auto Headshot APK 2024, Auto Jago Headshot Musuh, No BannedHero Mobile Legends (ML) Resmi 2024 Beserta Kemampuannya, Favoritmu yang Mana?

Selain itu, dalam wilayah Timur Tengah, terdapat kehadiran dua kapal perusak angkatan laut Amerika Serikat, USS Carney dan USS Arleigh Burke, yang bergerak ke Mediterania timur pada awal April.

Kedua kapal tersebut memiliki kemampuan pertahanan udara yang dapat memberikan dukungan tambahan kepada Israel.

Namun, baru-baru ini AS menegaskan bahwa mereka tidak akan terlibat langsung dalam serangan balasan Israel terhadap Iran.

0 Komentar