Kapan Peringatan Hari jadi Kabupaten Sumedang? Orang Sumedang Harus Tahu ini!

Kapan Peringatan Hari jadi Kabupaten Sumedang? Orang Sumedang Harus Tahu ini!
Kapan Peringatan Hari jadi Kabupaten Sumedang? Orang Sumedang Harus Tahu ini!( foto istimewa : sumedangdalamkata.wordpress.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Kapan Peringatan Hari jadi Kabupaten Sumedang? Orang Sumedang Harus Tahu ini!

Kabupaten Sumedang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki Luas Wilayah Kabupaten Sumedang adalah 155.871,98 Ha sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang No 2 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sumedang Tahun 2011 – 2031 yang terdiri dari 26 kecamatan terbagi ke dalam 270 desa dan 7 kelurahan.

Nah untuk kalian para wargi Sumedang apakah sudah tahu kapan hari jadi Kabupaten Sumedang?, maka dari itu simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga:Mengungkap Misteri: Apakah Ada Air di Planet Merkurius?Melangkah Lebih Dekat: Penelitian Terkini di Planet Merkurius

Kabupaten Sumedang sendiri memiliki sejarah panjang mengenai awal berdirinya, yang sebenarnya sudah ada sejak abad ke-12, yang pada awalnya bernama Kerajaan Tembong Agung yang didirikan oleh Prabu Guru Aji Putih.

Lalu Kerajaan Tembong dirubah namanya menjadi Himbar Buana pada masa Prabu Tadjimalela, yang kemudian berganti nama kembali menjadi Kerajaan Sumedang Larang.

Nah, nama Sumedang sendiri diambil dari nama kerajaan yang ada di Kabupaten ini yaitu kerajaan Sumedang Larang.

Lalu kapan ditetapkannya hari jadi Kabupaten Sumedang?

Hari jadi atau ulang tahun Kabupaten Sumedang sendiri ditetapkan pada tanggal 22 April berdasarkan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat II Kabupaten Sumedang pada tahun 1973.

Keputusan dengan Nomor 1/Kpts/DPRD/Smd/1973 tentang Penetapan Tanggal 22 April 1578 sebagai Hari Jadi Sumedang ini ditetapkan pada tanggal 8 Oktober 1973.

Yang menjadi dasar penetapan tanggal tersebut adalah dengan runtuhnya Kerajaan Pajajaran dan berkembangnya Sumedang Larang. Penetapan tanggal 22 April 1578 didasarkan pada beberapa bukti sejarah baik yang tertulis maupun dari cerita rakyat atau babad.

Dengan demikian Kabupaten Sumedang sendiri pada tahun 2024 akan memperingati hari jadi yang ke-446 tahun, itulah sekilas informasi mengenai kapan peringatan hari jadi Sumedang, sekian semoga bermanfaat.(*)

0 Komentar